Tuesday, 9 July 2024
HomeEkonomiInilah 5 Tips Belanja Online yang Aman dan Tetap Hemat

Inilah 5 Tips Belanja Online yang Aman dan Tetap Hemat

Bogordaily,net – Belanja online kini lebih disukai karena ongkos kirim dan harga produk yang lebih murah serta praktis. Tak heran, kenapa setiap hari ada ribuan paket yang harus diantar kurir. Namun, jika ini baru pertama kalinya Anda belanja online, sebaiknya simak dulu tips belanja online ini, agar Anda tetap bisa belanja dengan hemat dan aman.

5 Tips Belanja Online
Tak sedikit ibu-ibu yang baru pertama kali belanja online menjadi kalap dan bahkan uang tabungan bisa habis tiba-tiba. Nah, agar Anda tidak mengalami hal serupa, maka terapkan tips belanja online ini.

1. Lakukan Komparasi Harga Sebelum Membeli
Pastinya produk yang sedang Anda cari tidak hanya dijual oleh satu toko saja, ada ribuan toko yang mungkin juga menjual produk tersebut.

Oleh karena itu, Anda bisa jelajahi berbagai toko dan melakukan perbandingan harga untuk mendapatkan manakah toko dengan harga termurah.

Namun, jangan terlalu tergiur dengan harga barang yang sangat murah dan dibawah harga pasarannya. Bisa jadi produknya adalah palsu atau berkualitas rendah.

Adanya voucher diskon atau momen flash sale yang ditawarkan juga bisa menjadi salah satu cara mendapatkan harga produk termurah loh. Anda wajib coba!

2. Perhatikan
Apakah sering menerima barang belanjaan online yang kadang tak sesuai dengan deskripsi? Jangan salahkan tokonya dulu, kadang pembeli tidak teliti dan bahkan ada yang tak membaca deskripsi produk sama sekali.

Alhasil, barang yang sampai tak sesuai dengan yang diharapkan. Untuk itu, penting membaca deskripsi secara lengkap. Misalnya, saat membeli dasar kain meteran. Anda harus teliti berapa ukuran dasar kain yang dibeli agar sesuai dengan kebutuhan.

3. Cek Rating Toko
Jika Anda belanja di e-commerce, biasanya sudah tercantum penilaian dari pembeli sebelumnya. Disini, Anda bisa melihat manakah toko dengan rating tertinggi.

E-commerce yang menjual produk bagus pastinya juga mendapatkan rating yang bagus dari pembelinya, begitu pun sebaliknya. Dengan demikian, bisa dipastikan bahwa Anda juga akan mendapatkan produk berkualitas seperti konsumen lainnya.

4. Membaca Ulasan Pembeli
Selain rating, kualitas dan keaslian barang juga bisa dilihat dari review atau ulasan pembeli. Namun, tetap harus berhati-hati dengan banyaknya ulasan palsu yang biasanya dibeli ke jasa review oleh toko online tersebut.

Ulasan palsu ditandai dengan kalimat-kalimat yang terlalu berlebihan, tidak masuk akal, dan gambar berbeda dari toko. Jadi, pastikan selalu cermat dan jeli dalam membaca ulasan produk ini ya!

5. Memilih yang Aman
Beberapa e-commerce biasanya sudah menggunakan rekening bersama. Jadi, ini adalah rekening yang menjadi perantara antara penjual dan pembeli. Ini artinya uang yang ditransfer oleh pembeli tak akan diterima langsung oleh penjual.

Memang, banyak sekali ditemui toko online abal-abal yang justru setelah dilakukan pembayaran menghilang begitu saja. Untuk itu, belanja paling aman di toko online adalah yang menyediakan rekening bersama.

Itulah tips belanja online yang bisa Anda terapkan nantinya. Jangan khawatir, jika Anda ingin belanja online yang hemat bisa coba aplikasi cashback GetPlus.

Namun, pastikan Anda belanja online di online merchant yang sudah bekerjasama dengan GetPlus. Setelah belanja di merchant tersebut, Anda akan dapatkan cashback berupa poin.

Nah poin yang terkumpul bisa Anda belanjakan lagi loh. Semakin banyak poin yang berhasil dikumpulkan, semakin besar kesempatan mendapatkan produk dengan harga lebih mahal. Yuk, Anda pakai aplikasi GetPlus juga sekarang!***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here