Wednesday, 3 July 2024
HomeKabupaten BogorIUQI Bogor Dukung Digitalisasi Perkuliahan, Beri Pelatihan Aplikasi Siakad kepada Dosen

IUQI Bogor Dukung Digitalisasi Perkuliahan, Beri Pelatihan Aplikasi Siakad kepada Dosen

Bogordaily.net–  Institut Ummul Quro Al-Islami (IUQI) Bogor mendukung digitalisasi perkuliahan. Salah satunya dengan memberi pelatihan aplikasi Siakad kepada dosen.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) melaksanakan pelatihan penggunaan aplikasi sistem informasi akademik. Pelatihan untuk para dosen dan staf digelar di Aula Gedung A lantai 3 Kampus ,  Jalan Mohnoh Nur No.112, Leuwimekar, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jumat, 16 Juni 2023.

Dekan FEBI, Jamaluddin menyampaikan, pelatihan dilakukan untuk mendukung sistem digitalisasi perkuliahan yang berbasis pada sistem terpadu (Siakad) yang bekerja sama dengan Sevima.

“Para dosen dan staf IUQI diberikan pendalaman materi bagaimana cara melakukan proses perkuliahan yang berbasis sistem terpadu akademik,” kata Jamaluddin kepada Bogordaily.net, Sabtu, 17 Juni 2023.

Tujuannya, kata Jamaludin, agar seluruh civitas akademika IUQI mampu dengan baik menerapkan sistem kampus merdeka belajar. Serta mampu menerapkan sistem perkuliahan secara hybrid sesuai dengan kebutuhan zaman.

“Harapannya dengan adanya pelatihan ini dosen beserta staf FEBI mampu melakukan proses administrasi perkuliahan dengan baik. Selain itu dapat menambah soft skill terkait teknologi informasi di perguruan tinggi,” harapnya.

Sosialisasi Pelatihan aplikasi SIAKAD

Untuk pelaksanaan kuliah menggunakan penyimpanan file perkuliahan atau live conference di website Siakad atau edlink disarankan menggunakan email IUQI agar pertemuan bisa dilaksanakan tanpa terbatas waktu.

Untuk pengisian Rencana Pembelajaran Semester (RPS) belum bisa, sambil menunggu acc dari Kaprodi untuk penunjukan dosen yang akan mengaupload RPS.

Dosen dan staf bisa mengisi rencana pembelajaran per sesi, materi, presensi ataupun tugas, dimasing-masing sesi pertemuan.

Untuk pengisian RPS sendiri, karena hanya akan ada satu dosen penanggung jawab per mata kuliah.

Maka MK terkait yang sudah diisi RPS akan berlaku untuk semua kelas di prodi terkait.  Oleh karena itu, masing-masing kepala prodi setelah ini wajib menghubungi Wadek untuk penunjukkan pj RPS per MK di prodi.(Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here