Monday, 29 April 2024
HomeKota BogorKatar Kujang Bersama BPBD Kota Bogor Gerak Cepat Evakuasi Puing Longsor

Katar Kujang Bersama BPBD Kota Bogor Gerak Cepat Evakuasi Puing Longsor

Bogordaily.net – Karang Taruna (Katar) Kujang bergerak cepat untuk mengangkut puing ambruk akibat yang terjadi di Kampung Ciheuleut Cibenda, RT004/RW006, Kecamatan Bogor Tengah pada pukul 00:00 WIB Minggu 18 Juni 2023.

Bersama Tagana, dan warga, semua terlihat saling bahu membahu
mengangkat puing-puing tembok yang ambruk akibat .

Dengan menggunakan alat seadanya, Sekertaris Utama Karang Taruna Kujang, Kelurahan Tegallega, Mochammad Rizal Setiahendra Achmad mengatakan, untuk sementara ini, membantu mengangkat puing-puing dengan menggunakan alat seadanya seperti cangkul.

Baca juga : Syarat Mudah Buka Tabungan Baru Bank Kota Bogor, Apa Saja?

“Kami evakuasi puing longsoran turap karena kalau tidak diangkat akan menutupi jalur air solokan dan bisa menahan air dan mengakibatkan banjir,” kata pria yang akrab disapa Kang Echa, Senin, 19 Juni 2023.

Penyebab

Sementara itu, Kalak , Teofilo Patrocinio Freitas menjelaskan bahwa, penyebab terjadinya tanah akibat hujan dengan intensitas deras yang mengguyur di wilayah tersebut.

Kejadian ini menyebabkan banjir dan yang mengakibatkan tembok penahan tanah (TPT) dengan panjang 13 meter dan tinggi 10 meter yang berada dekat pemakaman umun (TPU).

“Material longsoran menimpa kamar mandi umum dan menjebol tembok kamar mandi dan menimpa rumah warga serta sebagian material longsor menutup aliran pembuangan air (selokan air),” kata Teofilo Patrocinio.

Upaya Evakuasi

Tim bersama Karang Taruna Kujang telah melakukan evakuasi puing-puing tembok.

“Saat ini kebutuhan yang mendesak perlunya pemasangan terpal, selimut dan alat tidur bagi warga yang terdampak ,” katanya. (Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here