Saturday, 20 April 2024
HomeEkonomiEkspansi Konversi Motor Listrik ke Eropa, KemenKopUKM Dukung Elders Garage

Ekspansi Konversi Motor Listrik ke Eropa, KemenKopUKM Dukung Elders Garage

Bogordaily.net–  mendukung bengkel konversi motor listrik yang akan membawa konversi motor listrik karya anak bangsa ke negara-negara Eropa.

Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki menandatangani Scooter edisi khusus yang menjadi bentuk simbolis karya lokal yang akan masuk ke pasar mancanegara melalui Vespa World Day 2023.

Menteri Teten yang menyambut baik rencana tersebut mengatakan saat ini, Indonesia dapat mengambil bagian dalam supply chain kendaraan listrik. Menurutnya, pelaku UMKM dalam hal ini bengkel dapat mengambil peran penting.

Menurut Menteri Teten, pemerintah memberikan subsidi Rp7 juta per motor berumur 10 tahun yang mau konversi ke listrik. Ini menjadi kesempatan bagi bengkel-bengkel UMKM konversi untuk ikut ambil bagian.

sudah siap mendampingi bengkel tersebut,” kata Menteri Teten dalam penandatanganan scooter listrik secara simbolis di Jakarta, Senin, 5 Juni 2023.

Ia bercerita pihaknya juga telah diminta oleh Kementerian ESDM untuk menyiapkan bengkel konversi motor listrik.

KemenKopUKM Dukung Elders Garage Ekspansi Konversi Motor Listrik ke Eropa

Menteri Teten pun menekankan bahwa dalam mengonversi kendaraan konvesional menjadi kendaraan listrik, pemerintah harus menyasar bahan baku konversi yang disiapkan oleh bengkel UMKM.

“Harus disasar oleh pemerintah justru kit konversinya. Karena kita bisa menjadi bagian dari produsen baterai motor atau mobil listrik. Pemerintah membuat regulasinya. Pelakunya adalah sektor swasta termasuk di dalamnya bengkel,” jelasnya.

Kerja Sama dan

Kerja sama ini merupakan proyek berkelanjutan Kementerian Koperasi dan UKM () dan . Maka untuk menyiapkan bengkel konversi akan dilakukan dengan pelatihan dan penambahan peralatan bengkel.

“Ini peluang bisnis, nanti akan kita gandeng untuk pelatihan termasuk meng-upgrade bengkel konvensional. Agar mereka bisa menikmati program pemerintah yang cukup besar untuk menggeser motor konvensional,” kata Menteri Teten.

Chief Executive Officer (CEO) Elders Garage Heret Frasthio mengatakan pihaknya siap memberikan pelatihan konversi motor listrik.

Menurutnya, proses konversi tidak membutuhkan waktu lama dan juga hanya memerlukan peralatan yang sederhana.

KemenKopUKM Dukung Elders Garage Ekspansi Konversi Motor Listrik ke Eropa

Proses konversi vespa manual ke elektrik kata Heret Frasthio hanya membutuhkan waktu 3 jam.

“Kami juga sudah membuka online workshop untuk ini. Peralatan juga enggak complicated sih dan skala bengkel kami saja hanya 6X7 meter atau 3X4 meter juga sudah bisa,” ujar Heret.

Ia menjelaskan, kerja sama antara Elders Garage dengan sudah berlangsung lama. Bahkan, Elders Garage juga memiliki bengkel yang terletak di Smesco Indonesia.

Dalam kesempatan ini, Heret menyatakan pihaknya siap untuk memasuki Pasar Eropa. Dalam hal ini, pihaknya sudah melakukan perjanjian kerja sama dengan Swiss untuk memasok peralatan konversi motor listrik.

“Kami meminta restu bahwa kami siap masuk Pasar Eropa. Kami sudah tanda tangan kontrak dengan Swiss. Mudah-mudahan ada 240 kits yang akan kita kirim ke Eropa. Saat ini kami tengah mempersiapkan dokumen pendukung dan hal ini akan dilaunching di Vespa World Day 2023 di Kota Interlaken, Swiss pada 15-18 Juni 2023,” ungkapnya.

Selain itu ia juga melihat beberapa kementerian memiliki hubungan kerja sama yang baik dengan Swiss dan pajak masuk juga 0 persen.

Oleh karena itu ia melihat ada kesempatan dan Swiss berada ada di tengah Eropa sehingga mudah mengirim ke Jerman dan Italia.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here