Wednesday, 3 July 2024
HomeKabupaten BogorLembaga Penjaminan Mutu IUQI Bogor Ikut Pelatihan Auditor Mutu Internal

Lembaga Penjaminan Mutu IUQI Bogor Ikut Pelatihan Auditor Mutu Internal

Bogordaily.net– Lembaga Penjaminan Mutu mengikuti pelatihan auditor mutu internal melalui zoom oleh Best-Q Institute.

Untuk meningkatkan praktik jaminan mutu di Institut Ummul Quro Al-Islami (IUQI) Bogor  mengutus dua orang struktural internal mengikuti pelatihan. Mereka adalah Agus Ali dan Siti Aisyah yang mengikuti pelatihan Auditor Mutu Internal secara daring.

Pelatihan ini diselenggarakan melalui platform Zoom oleh Best-Q Institute. Sebuah lembaga terkemuka yang ahli di bidang penjaminan mutu perguruan tinggi. Acara pelatihan berlangsung dari tanggal 16 hingga 18 Juni 2023.

Selain dikenal karena keahliannya dalam bidang penjaminan mutu dan audit, juga memiliki banyak trainer yang merupakan ahli di bidang penjaminan mutu.

Selain itu trainer Best-Q juga berperan sebagai asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM).

Keberadaan pelatih yang berpengalaman ini memberikan nilai tambah dalam pelatihan Auditor Mutu Internal yang diikuti.

Dalam keikutsertaan pelatihan ini menunjukkan bahwa Lembaga Penjaminan Mutu komitmen dalam memastikan keunggulan dan peningkatan berkelanjutan dalam proses pendidikan di Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor.

Tujuan Pelatihan

Pelatihan ini bertujuan untuk memperoleh keahlian yang diperlukan untuk melaksanakan audit internal secara efektif. Kemudian menilai kepatuhan terhadap standar mutu, mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan. Serta berkontribusi dalam peningkatan kinerja keseluruhan.

Selama tiga hari pelatihan berlangsung, para peserta aktif terlibat dalam sesi interaktif, studi kasus, dan latihan praktis yang dirancang untuk mensimulasikan situasi audit dalam dunia nyata.

Agus Ali dan Siti Aisyah berpartisipasi dalam program pelatihan auditor mutu internal ini mencerminkan dedikasi Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor. Terutama dalam mempertahankan reputasinya sebagai institusi pendidikan tinggi yang berorientasi pada peningkatan mutu.

Dengan menerapkan siklus PPEPP, bertujuan untuk mengevaluasi kinerja secara menyeluruh, mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dan memastikan mahasiswa menerima pendidikan berkualitas tinggi.

Berbekal pengetahuan dan keterampilan baru yang diperoleh, peserta diharuskan siap mengemban peran sebagai auditor mutu internal di Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor dan memberikan kontribusi yang signifikan dalam upaya institusi untuk mencapai keunggulan akademik.

Agus Ali meyakini bahwa menerapkan sistem audit internal yang kuat sangat penting dalam memastikan peningkatan mutu layanan pendidikan di perguruan tinggi.

“Program pelatihan ini merupakan kesempatan yang luar biasa bagi kami untuk memperoleh keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk berkontribusi secara signifikan dalam upaya peningkatan mutu di Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor,” kata Agus Ali, Selasa, 20 Juni 2023.

Senada dengan Agus Ali, Siti Aisyah menekankan pentingnya mengadopsi pendekatan yang sistematis dalam audit internal.

“Mereka menyatakan komitmen untuk menjunjung tinggi standar penjaminan mutu tertinggi dan bekerja sama secara kolaboratif untuk mendorong Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor mencapai keunggulan,” katanya.(Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here