Monday, 29 April 2024
HomeTravellingLibur Sekolah, Okupansi Hotel di Puncak Naik 60 Persen

Libur Sekolah, Okupansi Hotel di Puncak Naik 60 Persen

Bogordaily.net– Tingkat keterisian atau hunian (okupansi) kamar di kawasan Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor meningkat hingga 60 persen. Kenaikan okupansi ini terjadi seiring dimulainya libur sekolah dan jelang Idul Adha.

Meningkatnya tingkat hunian di kawasan Puncak ini berkorelasi dengan meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan ke beberapa destinasi wisata di daerah berhawa sejuk tersebut. Di sisi lain, antrean kendaraan asal Jabodetabek sejak sepekan kemarin meningkat.

“Ya, liburan musim sekolah dan menjelang liburan Idul Adha berdampak positif terhadap tingkat hunian . Sejak akhir pekan kemarin tingkat keterisian kamar sudah mencapai 60 persen. Hal ini pertanda bahwa kawasan Puncak ini ternyata masih menjadi pilihan favorit untuk berlibur bagi wisatawan,” ujar Rizky Apri Ramadhani, salah seorang manager di Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Selasa, 27 Juni 2023.

Pengunjung di kawasan Puncak Cisarua Bogor memanfaatkan masa liburan dengan aktivitas outbound. (Acep/Bogordaily.net)

Rizky mengatakan, mayoritas tamu berasal dari wilayah Jabodetabek dan sebagiannya nondomestik.

“Para tamu sudah memesan kamar sejak sepekan sebelumnya. Kebetulan di kami juga sedang menawarkan promosi paket Idul Adha dan liburan sekolah,” ujarnya.

Terpisah, Sekretaris Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Bogor, Boboy Ruswanto, mengemukakan hal serupa.

“Sejak sepekan terakhir telah terjadi peningkatan okupansi hotel khususnya di kawasan Puncak. Bahkan kami prediksikan tingkat okupansi hotel bakal terjadi lonjakan kembali mulai Kamis 29 Juni 2023 besok. Hal ini seiring dengan telah ditetapkannya Kamis tanggal 28 Juni dan 30 Juni 2023 sebagai cuti bersama oleh pemerintah,” terangnya.(Acep Mulyana)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here