Monday, 29 April 2024
HomeTravellingLiburan ke Wisata Telaga Batu Bogor, Surganya Berenang di Kaki Gunung Salak

Liburan ke Wisata Telaga Batu Bogor, Surganya Berenang di Kaki Gunung Salak

Bogordaily.net – Wisata Bogor adalah danau yang terletak di kaki Gunung Salak, sebuah objek wisata menarik di kawasan Gunung Bunder, Salak Endah, Taman Nasional Gunung Halimun-Salak.

Cocok untuk liburan dan wajib masuk list para travelling yang hobi trekking dan hiking ke pegunungan.

Baca Juga: Penyebab Motor Matic Scoopy Mati Saat Digas, Penyebab dan Solusinya

Rute dan Lokasi Wisata Bogor

Terletak di kaki utara Gunung Salak, dan berjarak sekitar 30 km ke barat daya Kota Bogor.

Lokasi ini dapat dicapai menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi.

Dari Stasiun Bogor Menuju Wisata Bogor

Akses dari Stasiun Bogor ke dapat ditempuh dengan naik angkot 02 menuju Laladon, kemudian naik angkot 53 ke Segok, lalu angkot 59 ke Gunung Bunder.

Dari sana, dapat melanjutkan dengan menyewa mobil atau menggunakan ojek.

Rute Menggunakan Kendaraan Pribadi

Untuk rute kendaraan pribadi, dari Jalan Raya Bogor menuju arah Yasmin, Dramaga Ciampea, belok kiri di papan petunjuk menuju Gunung Bunder atau bisa menggunakan Google Maps.

Perjalanan Menuju Tempat Wisata Bogor

terletak sekitar 3,9 km dari gerbang Gunung Bunder, setelah melewati Basecamp Pasireungit, Kawah Ratu, Umpet, dan sebelum Dodiklatpur serta Curug Goa.

Pemandangan pertigaan terlihat dari arah gerbang Gunung Bunder, di pertigaan tersebut belok ke kiri untuk menuju .

Sementara ke kanan mengarah ke Gunung Salak Endah. Perjalanan akan melalui tanjakan curam, dan hanya perlu mengikuti jalan lurus tanpa belok-belok.

Pada persimpangan jalan, belok kiri ke dan belok kanan jika ingin ke Curug Pangeran.

Lokasi Parkir

Setelah tiba di area parkir, pengunjung dapat memilih untuk memarkir kendaraan roda dua atau roda empat.

Dari area parkir, perjalanan dilanjutkan ke arah kiri menuju ke . Pada perjalanan tersebut, terdapat jalan setapak di sebelah kanan.

Ikuti jalan setapak tersebut hingga mencapai gerbang masuk Telaga Batu.

Setelah melewati jembatan, pengunjung dapat membeli tiket di loket.

Harga Tiket Masuk Telaga Batu Bogor

Tiket masuk Telaga Batu adalah Rp10.000, sementara biaya kemping sebesar Rp25.000 per orang. Biaya parkir motor adalah Rp5.000 dan mobil Rp10.000.

Setelah membayar tiket, pengunjung dapat menikmati fasilitas yang disediakan di Telaga Batu.

Seperti area kemping, gazebo lesehan, toilet dan kamar mandi, mushola, warung jajanan, serta objek wisata utama yaitu Telaga Batu.

Sensasi Berenang di Kaki Gunung Salak

Pengunjung diperbolehkan berenang di Telaga Batu, namun harus berhati-hati karena ke dalamannya yang bervariasi.

Mulai dari setengah meter hingga mencapai 3 meter.

Ke dalaman Telaga Batu dapat dilihat dari perubahan warna airnya, di mana bagian kanan air terlihat terang dan semakin gelap ke arah kiri yang menandakan kedalaman yang lebih dalam.

Selain Telaga Batu, pemandangan sekitar juga menawarkan sumber air yang mengalir dari mata air di ujung Telaga.

Air tersebut mengalir melalui undakan-undakan yang membentuk seperti air terjun mini.

Di sekitar Telaga juga tersedia tempat duduk dan meja bagi pengunjung yang ingin bersantai.

Terdapat juga area duduk yang dilapisi jaring-jaring yang terdiri dari empat ruang.

Di bawah jaring-jaring tersebut terdengar suara air yang mengalir, memberikan suasana yang menenangkan.

Spot Foto Instagramable

Bagi para pengunjung yang gemar berfoto, terdapat spot ayunan yang sangat instagramable.

Tempat ini menjadi favorit untuk mengambil foto-foto indah dengan latar belakang Telaga Batu.

Selain itu, suasana alam yang sejuk dan hijau di sekitar Telaga Batu membuat pengunjung dapat menikmati liburan yang menyenangkan.

Kesimpulan

Dengan harga tiket yang terjangkau dan fasilitas yang lengkap, Telaga Batu Bogor merupakan destinasi wisata yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga atau teman-teman.

Selain dapat berenang dan bersantai di sekitar Telaga, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam sekitarnya dan berfoto di spot-spot menarik.

Jadi, jika Anda mencari tempat wisata yang menawarkan keindahan alam dan keseruan beraktivitas di air, Telaga Batu Bogor adalah pilihan yang tepat.

Nikmati liburan Anda dengan mengunjungi destinasi wisata ini dan jangan lupa membawa keluarga atau teman-teman Anda untuk merasakan pengalaman yang tak terlupakan di Telaga Batu Bogor. Selamat liburan!.***