Thursday, 25 April 2024
HomePolitikMenebak Cawapres Anies Baswedan: Tokoh NU atau Muhammadiyah atau...

Menebak Cawapres Anies Baswedan: Tokoh NU atau Muhammadiyah atau…

Bogordaily.net – Cawapres terus jadi isu hangat menjelang deklarasi Capres-Cawapres 2024.

Terdapat beberapa sinyal dan informasi yang menarik perhatian dari sejumlah elite partai di Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP).

Pengumuman mengenai sosok cawapres diklaim akan menjadi kejutan yang mengejutkan banyak pihak.

Banyak yang memprediksi cawapres Anies akan muncul dari kalangan NU atau Muhammadiyah.

Sejumlah nama tokoh pun disebut layak mendapingi Anies sebagai cawapres.

Baca Juga: Data dan Fakta, 233 Orang Tewas dalam Kecelakaan Kereta di India

Rencana Pertemuan untuk Mengumumkan Cawapres  

Ketua DPP NasDem, Sugeng Suparwoto, mengungkapkan bahwa para petinggi partai dalam KPP akan segera mengadakan pertemuan dalam waktu dekat untuk mengumumkan cawapres yang akan mendampingi dalam Pemilu 2024.

Sugeng menyebutkan bahwa kejutan tersebut akan muncul dalam satu atau dua hari ke depan, dan sosok cawapres nantinya akan mengejutkan banyak pihak.

Tunggu Kejutan dalam Beberapa Hari Mendatang

Menurut Sugeng, kejutan terkait cawapres akan diumumkan dalam waktu dekat, mungkin dalam dua malam ke depan.

Meskipun begitu, Sugeng tidak memberikan detail lebih lanjut mengenai ciri-ciri dari sosok cawapres yang akan dipilih.

Dia menyebutkan bahwa hal ini merupakan bagian dari dinamika politik, di mana segala sesuatu perlu kecermatan dan kejutan tersebut akan menjadi momen yang mengejutkan.

Telah Mengantongi Nama-nama Cawapres 

Pada Minggu sebelumnya, mengungkapkan bahwa ia telah mengantongi beberapa nama calon cawapres yang akan mendampinginya dalam Pemilu 2024.

Namun, Anies masih belum memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai cawapres yang dipilihnya.

Proses Pendaftaran Calon Presiden dan Wakil Presiden

Berdasarkan jadwal yang ditetapkan oleh KPU RI, pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dijadwalkan mulai tanggal 19 Oktober hingga 25 November 2023.

Menurut Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu), pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan tertentu.

Dukungan Minimal untuk Pasangan Calon

Untuk Pilpres 2024, pasangan calon presiden dan wakil presiden harus memiliki dukungan minimal 115 kursi di DPR RI, yang merupakan 20 persen dari total jumlah kursi.

Selain itu, pasangan calon juga dapat diusung oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta Pemilu 2019 dengan perolehan suara minimal 34.992.703 suara.

Nama-nama yang Cocok Mendampingi Menurut Pengamat

Menurut pengamat komunikasi politik dari Universitas Brawijaya, Anang Sujoko, terdapat beberapa nama yang dinilai cocok untuk mendampingi sebagai calon wakil presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP).

Anang menyebutkan bahwa terdapat tiga nama yang potensial untuk menjadi cawapres dalam kontestasi Pemilu 2024.

Pertama, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD. Kedua, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy.

Dan ketiga, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Menurut Anang, ketiga sosok tersebut memiliki basis massa yang kuat dan menjadi sosok yang dibutuhkan untuk mendampingi Anies Baswedan, mengingat Anies bukanlah kader partai politik.

Anies Membutuhkan Pendamping dengan Basis Organisasi Massa

Anang menjelaskan bahwa Anies Baswedan memulai perjalanannya dalam dunia politik bukan dari kekuatan kader partai politik.

Oleh karena itu, agar Anies semakin kuat, dia perlu didampingi oleh sosok yang memiliki basis organisasi massa yang kuat.

Menurutnya, ketiga nama yang disebutkan sebelumnya memiliki ciri-ciri tersebut dan akan menjadi pasangan yang tepat untuk Anies Baswedan.

Keputusan Akhir Akan Menjadi Kejutan

Meskipun beberapa nama calon wakil presiden telah disebutkan, keputusan akhir mengenai cawapres Anies Baswedan masih belum dipublikasikan.

Pengumuman tersebut diharapkan akan menjadi kejutan yang mengejutkan banyak pihak, sesuai dengan pernyataan sebelumnya.

Semua pihak akan menantikan pengumuman resmi mengenai cawapres Anies Baswedan dan melihat siapa yang akan mendampingi Anies dalam perjalanan menuju Pemilu 2024.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here