Saturday, 20 April 2024
HomeEkonomiMenKopUKM Dukung Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Bangun Ekonomi Umat Melalui Kewirausahaan

MenKopUKM Dukung Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Bangun Ekonomi Umat Melalui Kewirausahaan

Bogordaily.net – Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki memberikan dukungan kepada Madrasah Mu'allimin Yogyakarta dalam pengembangannya.

Terutama untuk menjadi pusat keunggulan yang menyiapkan calon pengusaha muda guna memajukan ekonomi umat.

“Dalam upaya ini, kami berkolaborasi dengan program-program yang ada di Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) serta sektor swasta. Kami telah menciptakan suatu model yang serupa dengan Universitas Purwokerto, agar upaya ini dapat berkelanjutan dalam membangun ekosistem kewirausahaan,” ujar MenKopUKM Teten Masduki dalam acara ground breaking ceremony Mu'allimin Sport Center Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta, pada Sabtu (3/6).

Baca Juga: Kadisparbud Kota Bogor Ajak Masyarakat Jaga Budaya dan Situs di Kota Hujan

Teten menekankan bahwa dalam menyiapkan para pengusaha, harus dilakukan secara terencana sejak usia dini agar ekosistem dapat terbentuk dalam bentuk inkubasi yang melahirkan pengusaha yang memiliki daya saing dan kemampuan inovasi, terutama dalam menguasai teknologi.

MenKopUKM Dukung Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Bangun Ekonomi Umat Melalui Kewirausahaan

Menteri Teten menyatakan bahwa Madrasah Mu'allimin telah lama melahirkan tokoh-tokoh bangsa yang mampu menjaga nilai-nilai kebangsaan.

Ia melihat bahwa Madrasah Mu'allimin memiliki potensi untuk menjadi pusat keunggulan yang menyiapkan calon pengusaha guna memajukan ekonomi umat.

Dia juga menyatakan bahwa dalam menyiapkan para pengusaha, diperlukan dua skema, yaitu melalui inkubasi dan lembaga pembiayaan.

MenKopUKM Dukung Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Bangun Ekonomi Umat Melalui Kewirausahaan

“Hal ini mirip dengan apa yang dilakukan KemenKopUKM dengan Universitas Purwokerto, yaitu menghubungkan lembaga pembiayaan dengan pasar yang telah disiapkan seperti e-commerce dan pihak lainnya yang berkepentingan,” ungkap MenKopUKM.

Yang terpenting adalah melahirkan para pengusaha bagi Madrasah Mu'allimin sebagai bagian dari persiapan Indonesia untuk menjadi negara maju pada tahun 2045, dengan target rasio kewirausahaan sebesar minimal 4 persen.

“Saat ini, angka tersebut baru mencapai 3,47 persen, dan memiliki jaringan kampus yang sangat luas. Kami berharap menjadi pelopor dalam melahirkan pengusaha berkualitas,” kata MenKopUKM.

MenKopUKM Dukung Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Bangun Ekonomi Umat Melalui Kewirausahaan

Sementara itu, Ketua Umum PP , Haedar Nashir, menyampaikan terima kasih atas dukungan Pemerintah dalam pengembangan Madrasah Mu'allimin.

“Kami berterima kasih kepada Pak Teten yang akan membuka akses kewirausahaan bagi para pelajar. Hal ini sejalan dengan komitmen Presiden Joko Widodo untuk memajukan ekonomi bangsa melalui melalui sekolah atau madrasah,” ucapnya.

Haedar Nashir juga menyatakan bahwa pembangunan Mu'allimin Sport Center merupakan langkah penting dalam pengembangan Madrasah Mu'allimin.

Fasilitas ini meliputi kampus, masjid, dan tempat olahraga, yang memungkinkan perkembangan rohani, intelektual, dan fisik yang seimbang bagi generasi penerus bangsa.

“Dalam konteks kewirausahaan, umat Islam telah memiliki kekuatan usaha sejak lama, termasuk yang memiliki landasan kuat dalam berwirausaha. Oleh karena itu, integrasi dan kolaborasi terus dilakukan dalam membangun aspek intelektual, fisik, dan ekonomi. Hal ini merupakan persiapan dalam menghasilkan umat yang berkualitas,” ujar Haedar.

Selaras dengan hal tersebut, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, berharap bahwa Madrasah Mu'allimin menjadi cikal bakal pemikiran tentang bangsa.

Generasi muda yang bermanfaat dan patriotik dalam upaya memajukan Indonesia menjadi Indonesia Emas pada tahun 2045.

“Apa yang dikembangkan oleh tidak hanya berkaitan dengan Islam, tetapi juga tentang bagaimana seluruh ekosistem kehidupan dapat berkembang lebih maju,” kata Budi.

Ground breaking pembangunan Mu'allimin Sport Center dilakukan oleh Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta.

Fasilitas ini didukung sepenuhnya oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Mu'allimin Sport Center akan dibangun di area Madrasah Mu'allimin dengan luas total lahan mencapai 7,4 hektar.

Turut hadir dalam acara tersebut MenKopUKM Teten Masduki, Menhub Budi Karya Sumadi, serta Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dan pengurus PP Muhammadiyah.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here