Wednesday, 1 May 2024
HomeEkonomiMenkopUKM Minta KKN PPM UGM Fokus Optimalkan Ekonomi Berbasis Kearifan Lokal

MenkopUKM Minta KKN PPM UGM Fokus Optimalkan Ekonomi Berbasis Kearifan Lokal

Bogordaily.net – Menteri Koperasi dan UKM (MenkopUKM) Teten Masduki berharap program pengabdian masyarakat (PPM) (UGM) lebih difokuskan untuk mengoptimalkan sektor ekonomi yang berbasis keunggulan lokal dalam sektor pertanian, perikanan, peternakan, dan perkebunan, hingga memperkuat hilirisasi.

“Nanti, di desa-desa, para mahasiswa akan bertemu dengan para pelaku seperti perajin, pedagang warung, petani kecil, dan sebagainya. Saya berharap para mahasiswa bisa membantu dalam pengembangan usaha mereka,” kata MenkopUKM, Teten Masduki, pada acara Penerjunan PPM UGM Periode 2 Tahun 2023, di Yogyakarta, Jumat Sore, 23 Juni 2023.

Belajar Jadi Wirausaha

PPM UGM
Penerjunan PPM UGM Periode 2 Tahun 2023, di Yogyakarta, Jumat Sore, 23 Juni 2023. (Istimewa/Bogordaily.net)

Di depan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Rektor UGM Prof Ova Emilia, dan sekitar 7.700 mahasiswa UGM peserta -PPM, Menteri Teten mengajak para mahasiswa untuk mulai belajar menjadi wirausaha.

“Untuk mewujudkan Roadmap Besar 2045 Indonesia menjadi negara maju dan lima kekuatan ekonomi dunia, rasio kewirausahaan harus minimal 4 persen dari total jumlah penduduk,” ucap MenkopUKM.

Saat ini, rasio kewirausahaan Indonesia baru mencapai 3,47 persen. Bandingkan dengan Singapura yang sudah menembus level 8,6 persen, Malaysia dan Thailand sudah di atas 4 persen. Bahkan, negara-negara maju lainnya sudah berada di angka 12 persen.

“Melalui PPM ini, mahasiswa bisa terinspirasi pengembangan ide bisnis baru atau mengagregasi usaha-usaha kecil dengan membangun plattform aplikasi usaha,” kata Menteri Teten.

Terlebih lagi, saat ini, banyak negara sedang berlomba mencari keunggulan domestiknya untuk dikembangkan.

“Para mahasiswa memantau hal itu di lapangan, apa keunggulan domestik di wilayah PPM masing-masing,” kata MenkopUKM.

Baca juga : Harga Emas Antam Merosot, Segini Rinciannya Sabtu 24 Juni 2023

Sementara Prof Ova Emilia menyatakan bahwa, pihaknya berkomitmen agar mahasiswa UGM memiliki perhatian tinggi kepada masyarakat.

“Program kebanggaan kami ini bukan hanya pengabdian, tapi juga pengembangan karakter agar memiliki jiwa empati yang tinggi,” kata Prof Ova.

PPM UGM Tingkatkan Kesejahteraan

PPM UGM

Lebih dari itu, program PPM ini juga merupakan kiprah UGM untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Diantaranya, menurunkan tingkat kemiskinan di kalangan masyarakat, hingga membangun karakter kebangsaan.

“Lewat program ini juga kami berharap para mahasiswa peserta PPM mampu membuat kajian-kajian sekaligus memberikan solusi terbaik,” ucap Prof Ova.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X berharap, mahasiswa melalui KKN PPM bisa menambah ilmu pengetahuan, membantu, dan berdialog dengan masyarakat yang ada di desa-desa.

“Ini harus bisa memunculkan aspirasi dari masyarakat dan mendorong mahasiswa mengerti persoalan yang sedang dihadapi masyarakat,” kata Sri Sultan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here