Sunday, 5 May 2024
HomeKabupaten BogorPemdes Gunungputri Bogor Miliki Pojok Baca Digital Desa Pertama di Indonesia

Pemdes Gunungputri Bogor Miliki Pojok Baca Digital Desa Pertama di Indonesia

Bogordaily.net –  Pemerintah Desa (Pemdes) Gunungputri memiliki Desa yang pertama di Indonesia.

Letaknya berada di samping kantor , Kecamatan Gunungputri, Kabupaten Bogor, Pojok Baca ini ditunjang dengan berbagai fasilitas yang lengkap.

Berdasarkan pantauan Bogordaily.net, terlihat dalam ruangan Pojok Baca Digital ini terlihat ratusan buku berjejer dengan rapi menghiasi ruangan.

Baca Juga: Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor Agus Salim Sebut Pemilih Pemula Mencapai 50 Persen

Terdapat juga berbagai fasilitas lain seperti gadget, televisi, dan juga komputer untuk menunjang masyarakat dalam melakukan aktivitas membaca disini yang dipandu langsung oleh pusat.

Kepala Damanhuri mengatakan, kehadiran (Pocadi) yang diinisiasi oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia ini guna meningkatkan minat baca masyarakat khususnya di wilayah Gunungputri Kabupaten Bogor.

“Pojok baca ini, pertama kita membuat taman baca di tiap-tiap rt, ada sekitar sekarang 22 taman baca di 14 Rw, nah dari sini akhirnya, datanglah dari perpustakaan nasional melalui pustaka kementerian pertanian, diakses akhirnya berkujung kesini berkeliling dan melihat taman baca akhirnya launching ini,” kata Damanhuri kepada Bogordaily.net, Selasa 13 Juni 2023.

Menurut Damanhuri, berdasarkan keterangan dari Perpustakaan Nasional, Pojok Baca yang dimiliki oleh Pemdes Gunungputri merupakan pertama yang dimiliki oleh desa,

Ia mengatakan untuk saat ini tersebut sudah terkoneksi dengan 22 taman baca se-desa gunung putri.

“Sempat ada kunjungan juga dari Bali, Konawe Selatan, Bangka Belitung, tujuanya untuk melihat pojok baca ini, dan ini kan menjadi hal baru, serta sering dikunjungi oleh Mahasiswa,” jelasnya.

Ia menambahkan, untuk infrastruktur yang ada merupakan hasil bantuan dari Perpustakaan Nasional dan desa hanya memfasilitasi tempat dan juga berbagai program yang nantinya akan dijalankan.

“Untuk infrastruktur semua ini adalah bantuan dari Perpustakaan Nasional, jadi kita hanya memfasilitasi ruangan saja,” ujar Damanhuri.

Sementara itu Ketua Lembaga Perpustakaan Desa, Fadli Pratama mengungkapkan, adanya ini merupakan yang pertama di Desa Gunungputri dan menjadi salah satu alternatif masyarakat untuk mencari berbagai macam informasi.

“Ini merupakan fasilitas terbaru di Desa Gunungputri, sebelumnya Desa Gunungputri belum memiliki perpustakaan desa dan kini sudah memiliki ,” kata Fadli Pratama

Menurut Fadli, pihaknya tengah berfokus dengan berbagai konsep pembelajaraan mengenai perpustakaan digital dengan menambahkan berbagai tayangan animasi maupun slide mengenai pendidikan.

“Kami sedang berfokus dengan konsep perpustakaan digital, jadi disini kita mempunyai fasilitas tablet, komputer, server dan juga wifi dari Pemerintah Desa,” jelasnya.

Ia menambahkan, berbagai program juga tengah dijalankan salah satunya dengan melakukan sosialisasi dan kunjungan baik itu dari instansi maupun kampus-kampus yang ada di wilayah Bogor maupun luar Bogor.

“Adapun berbagai program dan juga inovasi tengah kami kembangkan, dan tidak jarang disini banyak sekali kunjungan baik itu dari masyarakat sekitar, para siswa, mahasiswa maupun aparat Pemerintah yang melakukan studi disini,” ujar Fadli.

Tentunya dengan mengunjungi yang dimiliki oleh Desa Gunungputri ini bisa menjadi contoh bagi desa lain agar mengembangkan hal serupa, atau juga bisa melakukan studi langsung ke Pojok Baca yang berada di Desa Gunungputri.***

Albin Pandita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here