Friday, 17 May 2024
HomeKabupaten BogorPemkab Bogor Gelar Itsbat Nikah, 78 Pasangan Suami Istri Dinikahkan di Kecamatan...

Pemkab Bogor Gelar Itsbat Nikah, 78 Pasangan Suami Istri Dinikahkan di Kecamatan Cibinong

Bogordaily.net–  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menggelar itsbat nikah. Sebanyak 78 pasangan suami istri dinikahkan di halaman Kantor Kecamatan , Jumat, 9 Juni 2023.

Kegiatan itsbat nikah terpadu tersebut masih dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Bogor (HJB) ke-541.

Terdapat puluhan peserta berasal dari empat kecamatan. Sebanyak 19 pasangan berasal dari Kecamatan . Lalu 36 pasangan dari Kecamatan Sukaraja, 19 pasangan dari Kecamatan Babakan Madang. Selain itu terdapat 4 pasangan dari Kecamatan Bojonggede.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Ketua Pengadilan Agama , jajaran Kepala Dinas, Camat , dan Lurah se-Kecamatan .

Mewakili Plt Bupati Bogor, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin mengatakan, melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) bersinergi dan berkolaborasi dengan segenap stakeholder berupaya meningkatkan kapasitas, memberdayakan, melindungi dan memenuhi hak-hak perempuan dan anak.

Pemkab Bogor gelar itsbat nikah
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menikahkan 78 pasangan suami istri di halaman Kantor Kecamatan , Jumat 9 Juni 2023. (Albin/Bogordaily.net)

“Salah satunya dengan program isbat nikah terpadu, memfasilitasi masyarakat mendapatkan identitas hukum berupa akta nikah. Saya minta agar sekaligus didorong percepatan kepemilikan dokumen kependudukan seperti KTP, KK, akta kelahiran dan KIA,” kata Burhanudin.

Menurut Burhanudin, hal ini guna mendukung program perlindungan hak perempuan dan anak di Kabupaten Bogor. Sebab perempuan adalah yang paling banyak dirugikan dalam pernikahan yang tidak tercatat. Karena tidak dapat menuntut hak seperti nafkah dan waris.

“Di samping itu, anak dari pernikahan siri juga akan kesulitan untuk mengurus akta kelahiran dan dokumen penting lainnya terkait masa depannya,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Bidang Perlindungan, Pemberdayaan Perempuan dan Pengarusutamaan Gender DP3AP2KB Kabupaten Bogor, Erwan Suherwan mengatakan, dalam pelaksanaan itsbat nikah ada 78 pasangan dari 4 kecamatan. Namun, saat pelaksanaan ada 1 pasangan yang tidak hadir, sehingga 77 yang diitsbatkan dan lolos semua.

Menurutnya, untuk target pada tahun 2023 ini mencapai 2.500 pasangan. Kemudian pihaknya sudah melaksanakan di 3 termin. Pertama di Sukamakmur, Cariu, dan di , hampir sebanyak 400 pasangan sudah diitsbatkan.

“Walaupun dan pelaksanaanya ada yang lolos dan tidak lolos. Dan yang tidak lolos itu karena berkas tidak memenuhi syarat,” ujar Erwan kepada Bogordaily.net.(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here