Monday, 20 May 2024
HomeKabupaten BogorPemkab Bogor Terima Kunjungan PPTPKH KLHK di Cibinong

Pemkab Bogor Terima Kunjungan PPTPKH KLHK di Cibinong

Bogordaily.net – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui Sekretaris Daerah () Kabupaten Bogor Burhanudin menerima kunjungan dari Tim Penyelesaian Penguasaan Tanah Dalam Rangka Penataan Kawasan Hutan (PPTPKH) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia, yang berlangsung di Ruang Rapat 1 Setda, Selasa 13 Juni 2023.

Hal tersebut dilakukan guna mendorong percepatan reformasi agraria di Kabupaten Bogor dengan penataan kawasan hutan yang tepat.

Kabupaten Bogor, Burhanudin mengungkapkan, terimakasih kepada tim PPTPKH KLHK atas sinergi dan dukungan terhadap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor terutama berkaitan dengan penataan ruang dan penataan kawasan hutan.

Baca Juga: Soal Kasus Mie Gacoan, Endah Purwanti Angkat Bicara

“Alhamdulillah, saya atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Bogor menghaturkan terima kasih atas kunjungan dan dukungan ini,” kata .

Selanjutnya, Ketua PPTPKH KLHK, Omo Rusdiana mengungkapkan, bahwa program penataan penting untuk dilakukan yang nantinya akan menjadi bahan internalisasi dalam perencanaan Pembangunan di Kabupaten Bogor.

“Misalnya pengelolaan hutan yang berbasis masyarakatnya itu bisa berkembang lebih baik sehingga Bogor ini lingkungannya tambah baik,” ujar Omo.

Kemudian, Koordinator Bidang Pertanahan Kemenko Perekenomian diwakili Analisis  Perekonomian, Hikmat Megandana, menambahkan, bahwa PPTPKH merupakan bagian dari program strategi nasional bernama reforma agraria.

Ia mengatakan, reforma agraria ini termasuk dalam program Nawacita bapak Joko Widodo dan merupakan program strategis nasional di program pemerataan ekonomi.

Tujuan utamanya, kata Hikmat, adalah memberikan dampak langsung melalui pensertifikatan tanah-tanah yang sudah dikuasai, salah satunya kawasan hutan.

“Melalui kegiatan ini kami mendorong percepatan reforma agraria, salah satunya dengan peningkatan SDM. Tim teknis di kemenko terus dilatih, Dengan harapan agar implementasi di lapangan bisa terlihat,” jelas Hikmat.***

Albin Pandita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here