Monday, 29 April 2024
HomeNasionalProgram Belajar Bersama Gandeng Mahasiswa Ajari Keterampilan Komunikasi

Program Belajar Bersama Gandeng Mahasiswa Ajari Keterampilan Komunikasi

Bogordaily.net–  Program Belajar Bersama menggandeng para mahasiswa mengajarkan keterampilan dalam berkomunikasi.

Keterampilan berkembang menjadi beberapa karakter seperti presentasi, menyusun email, memberikan feedback, serta menegosiasikan kesepakatan bisnis.

Ketua Pelaksana Program Belajar Bersama Aldi Rinaldi mengatakan, skill merupakan kemampuan dasar seseorang untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan kerja. Skill tersebut perlu ditanam sejak dini.

Oleh karena itu, Aldi bersama lima mahasiswa Magister Coorporate Communication Paramadina University tergabung dalam projek sosial memperkenalkan dunia kerja di sektor pada masyarakat di Lebak Bulus.

Lima mahasiswa tersebut yakni Ismoko Widjaya, Sigit Sutrisno, Selfie Miftahul Jannah, Falasifah, Yuliana Putri Apriyanto.

“Banyak dari kita yang tahu tentang profesi hanya yang populer saja. Namun, anak-anak masih belum ada profesi di ranah . Kami ingin memberikan pengetahuan tentang profesi dunia yang menjanjikan masa depan dan tentukan dibutuhkan banyak perusahaan,” ujar Aldi di Kelompok Asuh Pelita Hati Lebak Bulus Jakarta Selatan, Sabtu, 17 Juni 2023.

Selain itu ia berharap dapat memberikan kebermanfaatan dengan memberikan satu hari anak-anak dari Kelompok Asuh Pelita Hati dapat bergembira dan belajar secara riang bersama.

Aldi menjelaskan, sumber daya manusia (SDM) perlu diberikan pencerahan sejak dini untuk mengetahui potensi-potensi yang ada agar siap untuk masuk ke dunia kerja.

“Peluang kerja di sektor sangat luas luas. Setiap lini bisnis membutuhkan lulusan dengan garda terdepan untuk strategi demi membangun sebuah nama baik perusahaan dan juga strategi pendekatan sosial,” paparnya.

Hal itu kata Aldi dilakukan agar suatu perusahaan dapat bersinergi dengan masyarakat secara baik. Sebab lulusan memiliki pengetahuan yang mumpungi untuk menjelaskan suatu simbol agar dapat dipahami oleh seluruh publik dari perusahaan.

Terlebih di masa pertumbuhuhan teknologi digital yang semakin pesat, sektor merupakan pelengkap dari adanya perkembangan tersebut.

Menurutnya, tidak ada yang dapat menggantikan hubungan komunikasi manusia dengan manusia lainnya.

Pentingnya Keterampilan Komunikasi

“Pekerjaan kita membutuhkan sentuhan manusia dan rasa tersebut tidak bisa didapatkan dengan menggunakan AI jadi kedepannya pekerjaan kita akan terbantu namun tidak tergantikan,” ungkapnya lagi.

Agar tidak tertinggal, maka menurut Aldi harus mengikuti trend, perbanyak skill dan jangan menutup mata akan perubahan pengetahuan dan teknologi. Sehingga kita yang mengendalikan bukan dikendalikan.

Sementara itu Koordinator Relawan Syahril Ramadan menjelaskan, Kelompok Asuh Pelita Hati Lebak Bulus Jakarta Selatan merupakan kelompok sosial yang bergerak di bidang pendidikan yang berfokus pada lapak pemulung Lebak Bulus. Pembelajaran yang dilakukan beragam, mulai dari agama sampai pendidikan formal.

Jumlah anak-anaknya mencapai 95 orang yang rata-rata ada yang sekolah formal dan non formal.

“Kami ingin anak-anak ini setidaknya hafal ayat pendek di juz 30 dan akademiknya harus bisa mengecap kuliah. Harapannya dengan adanya kelompok sosial ini, mereka bisa memperbaiki hidup melalui pendidikan,” ujar Syahril.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here