Saturday, 22 June 2024
HomeBeritaPuasa Arafah dan Tarwiyah Kapan? Berikut Jadwal dan Bacaan Niat

Puasa Arafah dan Tarwiyah Kapan? Berikut Jadwal dan Bacaan Niat

Bogordaily.net–  dan Tarwiyah kapan dilaksanakan? Saat ini merupakan bulan Dzulhijjah 1444 Hijriah. Sebelum Idul Adha umat Islam biasanya menjalankan ibadah dan Tarwiyah. Lalu kapan dan Tarwiyah bisa dilakukan?

Pada Kamis, 29 Juni 2023 bertepatan dengan 10 Dzulhijjah nanti atau perayaan Idul Adha 1444 Hijriah.

Dua hari sebelum Idul Adha atau 8 Dzulhijjah ada suatu hari yang disebut hari tarwiyah. Pada hari tersebut, umat Islam disunnahkan menjalankan ibadah puasa.

Tahun 1444 H ini, bertepatan pada Selasa, 27 Juni 2023. Sedangkan dilaksanakan satu hari jelang Idul Adha atau jatuh pada Rabu, 28 Juni 2023.

Niat Puasa Arafah dan Tarwiyah

Melansir laman NU Online, niat puasa Arafah dan Tarwiyah dibaca sebelum menjalankan ibadah tersebut. Niat diwajibkan di waktu malam hari sebelumnya hingga jelang waktu subuh pada hari tersebut.

Berikut niat adalah sebagai berikut, dikutip dari Alhafiz Kurniawan dalam tulisan yang berjudul ‘Ini Lafal Niat 8 Dzulhijjah'.

Bacaan Niat

Nawaitu shauma tarwiyata sunnatan lillâhi ta‘âlâ.  

Artinya: “Saya niat puasa sunnah Tarwiyah karena Allah ta'âlâ.”

Bacaan Niat Puasa Arafah

Nawaitu shauma arafata sunnatan lillâhi ta'âlâ. 

Artinya: “Saya niat puasa sunnah Arafah karena Allah ta'âlâ.”

Keutamaan Puasa Arafah dan Tarwiyah

Puasa Arafah dan Tarwiyah memiliki keutamaan. Sebagaimana Rasulullah bersabda yang artinya:

“Puasa hari Arafah dapat menghapuskan dosa dua tahun yang telah lepas dan akan datang, dan puasa Asyura (tanggal 10 Muharram) menghapuskan dosa setahun yang lepas” (HR Muslim).

Sementara dilaksanakan pada hari Tarwiyah. Hal ini didasarkan pada satu hadits yang artinya bahwa puasa pada hari Tarwiyah menghapuskan dosa satu tahun, dan puasa pada hari Arafah menghapuskan (dosa) dua tahun.

Sebagaiama hadist yang artinya: “Puasa hari Tarwiyah dapat menghapus dosa setahun. Puasa hari Arafah dapat menghapus dosa dua tahun,” (HR Abus Syekh Al-Ishfahani dan Ibnun Najar)

Demikian informasi seputar kapan dan arafah dilaksanakan berikut bacaan niat bagi kamu yang akan menjalankannya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here