Friday, 26 April 2024
HomeKota BogorRektor UIKA Bogor Teken MoU Penjajakan Pengembangan SDM dengan Pemda Belitung

Rektor UIKA Bogor Teken MoU Penjajakan Pengembangan SDM dengan Pemda Belitung

Bogordaily.net–   Rektor Bogor melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Bangka Belitung. Dalam kunjungan tersebut Rektor Bogor, Prof. Dr. H.E . Mujahidin menandatangani MoU penjajakan pengembangan SDM dengan Sekda Kabupaten Belitung, Rabu, 7 Juni 2023.

Dalam kunjunganya, Rektor Bogor, Prof. Dr. H.E . Mujahidin, M.Si. didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Dakwah, Dr. H. Dedi Supriadi, M.Si., M.Pd. dan Wakil Rektor Bidang Kerjasama Inovasi dan Pengembangan, Dr. Budi Susetyo, Ir., M.Sc.

“Kunjungan ini dalam rangka menindaklanjuti sekaligus melakukan kunjungan balasan yang telah dilakukan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung tempo lalu ke Bogor,” ujar Wakil Rektor Bidang Kerjasama Inovasi dan Pengembangan , Budi Susetyo.

Tujuan Kerja Sama

Menurut Budi, penandatanganan dilakukan dalam rangka membentuk sumber daya insani yang memiliki akhlak yang baik dalam pengembangan pendidikan dengan nilai-nilai Islami.

“Implementasinya ke depan kami sepakat akan mengelola pengembangan sumberdaya manusia dengan program beasiswa bagi putra-putri daerah belitung,” kata Budi.

Budi menjelaskan penandatangan MoU langsung dilakukan oleh Sekda Kabupaten Belitung H. MZ. Hendra Caya, S.E., M.Si. dan Rektor Bogor.

“Ruang lingkup dari kerjasama ini adalah yang pertama memperbanyak lulusan sarjana guru (umum dan agama) serta sarjana kesehatan masyarakat melalui perekrutan calon mahasiswa yang berasal dari kabupaten Belitung,” jelasnya.

Baca Juga: 40 Dosen Sekprodi dan Staf IT UIKA Bogor Ikuti Pelatihan SEAMOLEC

Terdapat berbagai poin kerjasama yakni pertama, terkait pembiayaan studi; dan pengaturan biaya fasilitasi di luar perkuliahan selama studi.

Kemudian yang kedua pengembangan potensi inovasi daerah melalui kerjasama riset unggulan daerah.

Dan ketiga adalah pemberdayaan atau pengabdian masyarakat melalui pengembangan teknologi tepat guna.

“Salah satu output kerjasama ini adalah Beasiswa Utusan Daerah Kabupaten Belitung,” ujar Budi.

Sementara itu Rektor Bogor, Prof Dr Endin Mujahidin mengatakan, beasiswa merupakan salah satu program kerja sama yang dilakukan Universitas Ibn Khaldun () Bogor dengan Pemerintah Daerah Belitung.

Tujuannya untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pengelolaan pariwisata di daerah Belitung.

Menurutnya, beasiswa tersebut sudah dimulai tahap pendaftarannya sampai dengan 30 Juni 2023 mendatang.

“Alhamdulillah kerjasama ini sudah terjalin secara resmi. Semoga ini bisa membawa berkah bagi kedua belah pihak. Bogor siap membantu dalam pengembangan sumber daya manusia  di Belitung. Serta pengembangan pendidikan dengan nilai-nilai Islami yang merupakan salah satu keunggulan dari Universitas Ibn Khaldun Bogor,” ujar Rektor Bogor Prof. Endin.(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here