Saturday, 4 May 2024
HomeKota BogorRevitalisasi Pasar Jambu Dua Bogor Dimulai

Revitalisasi Pasar Jambu Dua Bogor Dimulai

Bogordaily.net– Revitalisasi Bogor dimulai. Wali Kota Bogor, Bima Arya, para kepala OPD, serta Forkopimda Kota Bogor, Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ) melaksanakan ground breaking revitalisasi Senin, 12 Juni 2023.

Direktur Utama (Dirut) Perumda PPJ, Muzzakir mengatakan pelaksanaan pembangunan sedikit tertunda dari target saat ia dilantik menjadi direksi Perumda PPJ.

“Target kami saat kami dilantik dulu jadi direksi mencanangkan akan merevitalisasi kurang lebih 8 pasar yang ada di Kota Bogor. Tapi penantian lebih dari 3 tahun yang harus kami selesaikan baik sengketa hukum alas hak baik juga proses perda yang dilakukan di DPRD,” kata Muzakkir.

Ia bersyukur, sebab pada 18 Oktober 2022 Peraturan Daerah (Perda) pernyataan  modal pemerintah kepada Perumda PPJ telah selesai.

Dan  saat itu pihaknya bergerak cepat dalam proses pembangunan revitalisasi pasar yang ada di Kota Bogor. Proses pembangunan pun ditargetkan selesai November 2023 mendatang.

“Alhamdulillah lagi berproses ada 4 pasar. Pasar Tanah Baru sudah selesai insyaallah bulan ini bisa diresmikan oleh Napak Wali Kota. Pasar Pamoyanan lagi on progres mungkin di bulan Oktober juga bisa digunakan bisa diresmikan,” ungkapnya.

Ia berharap, pada akhir periode kepemimpinannya dan akhir kepemimpinan wali kota apa yang ditargetkan bisa selesai.

Muzakkir juga menyebut pembangunan di akhir tahun tidak dikaitkan dengan politik.

“Kami mohon maaf atas keterlambatan jadi semua tertumpuk di akhir akhir tahun. Izin Bu Anita ini jangan dikaitkan ke politik kami waktunya yang tersedia hanya di 2023 fokus kami untuk membangun pasar,” ungkapnya.

Usai direvitalisasi, menurutnya, akan menampung kurang lebih 1.141 pedagang yang berasal dari gabungan dari pasar eksisting . Pemindahan dari Pasar Bogor kurang lebih terdapat 800 pedagang.

Ground breaking revitalisasi dilakukan, Senin, 12 Juni 2023. (Ibnu/Bogordaily.net)

“Jadi nantinya Jambu Dua ini akan jadi pasar pangan atau pasar basah Kota Bogor terbesar. Tapi tata kelolanya akan kita buat mirip dengan pasar bersih. Ke depan juga harapan kami juga menjadi kawasan ekonomi khusus karena ini akan ada penunjang dari Mall Jambu Dua ditambah dengan pasar,” jelasnya.

Meski demikian masih sedikit ada sengketa mengenai akses masuk masih di portal oleh Mall Jambu Dua. Ia berharap portal bisa dibuka untuk kepentingan masyarakat yang lebih luas.

“Dan dalam kesempatan ini juga saya ucapkan terima kasih ke Pak Aji yang lahannya ke Kota Bogor. Jadi yang tadinya kita jalan keluar sempit, insyaallah ke depan bisa dua jalan,” ujar Muzakkir.(Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here