Tuesday, 21 May 2024
HomeNasionalTitik Kerusakan Akibat Gempa Bumi M 6,4 di Bantul Yogyakarta

Titik Kerusakan Akibat Gempa Bumi M 6,4 di Bantul Yogyakarta

Bogordaily.net M 6,4 menggucang Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jumat, 30 Juni 2023 malam mengakibatkan kerusakan di sejumlah titik.

Plh Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY, Danang Samsurizal, menjelaskan akibat bumi tersebut, 19 titik di Bantul, Kulon Progo dan Gunungkidul mengalami kerusakan.

Kerusakan di antaranya terdiri dari 15 rumah rusak, satu fasilitas pemerintah, satu fasilitas kesehatan dan dua fasilitas pendidikan.

“Ada sembilan belas titik yang mengalami kerusakan,” ujar Danang dalam keterangannya dilansir dari SuaraJogja.id, Jumat, 30 Juni 2023.

Danang menyebut dari hasil monitoring hingga pukul 20.40 WIB, tercatat ada lima susulan dengan magnitudo terbesar Mag 4,5.

Namun masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Terlebih kali ini tidak berpotensi tsunami.

Masyarakat juga diminta menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh .

Selain itu memeriksa dan memastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah.

Sebelumnya diberitakan gempa M 6,4 menggucang Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jumat, 30 Juni 2023 malam.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika () dalam laman resminya menyebut gempa bumi terjadi pukul 19.57 WIB tepatnya di 8,63 lintang selatan (LS) dan 110,08 bujur timur.

“Gempa 6,4 magnitudo di kedalaman 25 km. Pusat gempa berada di Laut 86 Km Barat Daya Bantul,” tulis , Jumat, 30 Juni 2023.

juga memastikan gempa tidak berpotensi terjadinya tsunami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here