Wednesday, 8 May 2024
HomeNasionalUpdate Haji 2023: Jamaah Diberangkatkan ke Arafah untuk Wukuf

Update Haji 2023: Jamaah Diberangkatkan ke Arafah untuk Wukuf

Bogordaily.net–  Berikut update pelaksanaan ibadah 2023. Seluruh jamaah asal Indonesia, baik reguler maupun khusus kini telah berada di Makkah.

Jamaah hingga Senin, 26 Juni 2023, telah diberangkatkan ke Arafah untuk menjalani wukuf pada 9 Zulhijah 1444 H atau Selasa, 27 Juni 2023.

“Jamaah diberangkatkan ke Arafah untuk menjalani puncak , yaitu wukuf. Dilanjutkan bermalam di Muzdalifah dan Mina,” ujar Juru Bicara PPIH Pusat Akhmad Fauzin di Media Center (MCH) Pusat, Asrama Pondok Gede, Jakarta sebagaimana dilansir dari laman resmi Kemenag.

Fauzin mengimbau sebelum berangkat ke Arafah, agar jamaah sudah memastikan niat ihramnya dari hotel sebagai Miqat. Jamaah khususnya laki-laki juga telah mengenakan kain ihram dengan benar.

“Patuhi segala larangan ihram yang telah disampaikan para pembimbing ibadah di kloter dan hotelnya masing-masing. Tetapkan niat dan berdoa memohon kekuatan kepada Allah Swt agar dapat menjalani momentum puncak nanti dengan lancar,” kata Fauzin.

Ia juga menjelaskan seluruh jamaah yang sakit dan masih dirawat di KKHI maupun Rumah Sakit Arab Saudi akan disafariwukufkan menggunakan ambulan dan bus.

Para jamaah yang disafariwukufkan, selain didampingi petugas kesehatan, para pembimbing ibadah akan mendampingi jemaah menjalani prosesi wukufnya di Arafah.

Terkait pelayanan kesehatan jemaah selama puncak , ia menyampaikan, pemerintah telah memastikan kesiapan obat-obatan dan alat kesehatan saat puncak haji di Armina.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here