Friday, 10 May 2024
HomeNasionalWamenag Minta Ponpes Al-Zaytun Buka Suara Soal Dugaan Ajaran Menyimpang

Wamenag Minta Ponpes Al-Zaytun Buka Suara Soal Dugaan Ajaran Menyimpang

Bogordaily.net – Wakil Menteri Agama (), Zainut Tauhid Sa'adi meminta pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Zaytun terbuka dan kooperatif dalam melakukan komunikasi akibat munculnya dugaan ajaran menyimpang.

“Agar semua menjadi terang dan tidak ada fitnah atau dugaan yang menyimpang,” terang Zainut di Jakarta, Rabu, 21 Juni 2023.

Menurutnya, Kemenag tidak mempunyai hak untuk menghakimi sebuah Ponpes yang diduga mengajarkan ajaran sesat atau menyimpang.

Alasannya, hal tersebut terkait ranah hukum agama yang menjadi kewenangan dari ormas Islam seperti MUI, NU, Muhammadiyah.

Baca juga : Cara Chat di Aplikasi Gojek yang Lagi Viral

Harus Digelar Tabayun

Masih dari penuturannya, ormas Islam beserta pihak Ponpes Al-Zaytun harus segera duduk bersama dengan melakukan dialog dan tabayun berkenaan tuduhan adanya pemahaman ajaran agama menyimpang.

Di kesempatan yang sama, Zainut mengimbau seluruh pihak untuk mengedepankan semangat persaudaraan, musyawarah, dan saling menasihati dengan dasar kebenaran, Kemudian, mencari solusi yang paling maslahat.

“Saya mengharapkan semua pihak bisa duduk bersama, mencari solusi terbaik, mendahulukan tabayun dan husnudzan,” harapnya.

“Dan tidak saling mengeluarkan pernyataan yang saling menyerang di ruang publik, yang dapat membuat suasana semakin gaduh,” tandasnya.

Dugaan Ajaran Sesat

Ponpes Al-Zaytun tak henti-hentinya menjadi sorotan publik lantaran berbagai kontroversi yang mereka buat.

Pondok pesantren pimpinan Syekh Panji Gumilang itu diduga telah mengajarkan pendidikan ajaran sesat kepada para santrinya.

Ustaz Abdul Somad alias UAS bahkan memberikan kecaman terhadap pimpinan Al Zaytun. Lewat video ceramahnya, UAS kesal dengan ajaran sesat yang diduga diberikan ponpes tersebut. UAS juga meminta pihak berwajib untuk melakukan tindakan tegas.

“Adapula tuan syekhnya, di depan santri, di dalam Masjid anak-anak santri malah diajarkan lagu Hanevo Shalom Aleichem. Itu salam yahudi, bodoh. Ini orang musti ditangkap ini, antek Yahudi, ” ungkap UAS sembari mencontohkan lagi Yahudi yang dimaksud seperti dilansir pada Rabu, 21 Juni 2023.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here