Sunday, 5 May 2024
HomeKabupaten BogorTim ADWI Kemenparekraf Lakukan Peninjauan dan Penilaian Terhadap Desa Wisata Purwabakti

Tim ADWI Kemenparekraf Lakukan Peninjauan dan Penilaian Terhadap Desa Wisata Purwabakti

Bogordaily.net – Tim Anugerah Desa Wisata (ADWI) Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif () melakukan peninjauan dan penilaian di , Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Senin 31 Juli 2023.

Adapun merupakan salah satu desa yang masuk dalam 75 besar Desa Wisata ADWI 2023 berdasarkan hasil penilaian terhadap total 4.573 Desa Wisata yang telah terdaftar.

Berdasarkan pantauan Bogordaily.net, kedatangan ADWI disambut oleh unsur Kecamatan, Desa, Dinas Pariwisata Kabupaten Bogor hingga anak sekolah berbaris di sepanjang jalan.

Kemudian, dilanjutkan dengan melakukan peninjauan ke berbagai stand UMKM dari Kecamatan Pamijahan serta dilanjutkan dengan mengunjungi destinasi wisata unggulan yakni Terasering Cisalada.

Direktur Tata Kelola Destinasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Indra Ni Tua mengatakan bahwa, adanya peninjauan tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa desa yang terdaftar tersebut telah sesuai, sehingga pihaknya akan segera memberikan penilaian.

“Kita memastikan dan melihat apa yang di submit itu sesuai atau tidak dengan keadaan yang ada disini. Memastikan bahwa yang disampaikan itu dengan keadaan sebenernya, dan ini (Desa Purwabakti) sudah sesuai,” kata Indra Ni Tua kepada Wartawan, Senin 31 Juli 2023.

Baca juga : Harga Emas Antam Senin, 31 Juli 2023

5 Kategori Penilaian ADWI

Menurut Indra, dalam proses penilaian ADWI ada lima kategori penilaian, yakni dari CHSE, kelembagaan, souvenir, daya tarik wisata dan juga home stay.

Kemudian, dari desa tersebut nantinya akan dikategorikan di berbagai kelas seperti rintisan berkembang, maju, dan mandiri.

Ia menambahkan, kedepan bagi stakeholder lainya harus terus berkomunikasi, mendengar, belajar dan bercerita antar sesama.

Sehingga, adanya daya tarik dari yang awalnya diikuti oleh 1.800 desa sekarang sudah 4.573 desa.

“Dengan data itu kita bisa sajikan mengenai kondisinya dan kebutuhanya, sehingga bisa menjadi bagian dari proses rencana pembangunan,” jelasnya.

Baca juga : Tanggal Merah Agustus 2023 Lengkap dengan Hari Penting Nasional

Selanjutnya, Kepala Desa Purwabakti, Tajudin Arifin mengungkapkan dengan dipilihnya sebagaj 75 besar Desa Wisata ADWI 2023 merupakan salah satu prestasi yang sangat membanggakan khususnya bagi masyarakat maupun Pemerintah Kabupaten Bogor.

“Semoga pencapaian ini tidak hanya menjadikan terbaik se-Indonesia. Tetapi juga memberikan manfaat terhadap peningkatan dan kesejahteraan masyarakat Desa Purwabakti,” ujar Tajudin Arifin.

Tajudin mengatakan, enam puluh persen didominasi oleh pertanian dan kerajinan dari produksi hasil pertanian oleh para pelaku UMKM.

Sebagai informasi, Desa Wisata yang luasnya sebesar 1.662 hektare ini memiliki banyak keindahan alam dan budaya yang dimanfaatkan sebagai usaha pariwisata.

Misalnya curug, bukit, dan terasering yang dimanfaatkan sebagai wisata alam.

Sedangkan konsep Wisata Tematik yang diusung adalah budaya dan masyarakat.

Sehingga produk wisata yang ditawarkan berupa rangkaian dari beberapa daya tarik kebudayaan dan destinasi wisata alam.

Lalu kearifan lokal, pendidikan/edukasi, dan kelestarian lingkungan serta konservasi ekosistem.

Melalui kekayaan alam dan budaya tersebut, pendapatan Desa Purwabakti kini didominasi oleh pertanian dan hasil kerajinan melalui usaha pariwisatanya. (Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here