Sunday, 28 April 2024
HomeKabupaten BogorAnggota DPRD Jawa Barat, H Supono Komentari Desa Wisata di Kabupaten Bogor

Anggota DPRD Jawa Barat, H Supono Komentari Desa Wisata di Kabupaten Bogor

Bogordaily.net – Anggota DPRD Jawa Barat H Supono mengomentari di , seiring dengan banyaknya kawasan baru maupun desa yang mengajukan statusnya sebagai

Pasalnya, salah satu penyebab legislator asal ini berkomentar ialah aksi Sekretaris daerah (Sekda) Burhanudin yang mengajak para pengelola Desa Wisata se- bersinergi mengoptimalkan perannya dalam rangka penguatan ekonomi masyarakat melalui pembangunan Desa Wisata, saat Rapat koordinasi di Ole Suites Hotel and Cottage, Babakan Madang, Selasa 27 Juni 2023 kemarin.

Anggota DPRD Jawa Barat, H Supono Komentari Desa Wisata di Kabupaten Bogor

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini menilai, Pemerintah baik itu maupun Provinsi Jawa Barat menentukan potensi wisata sebuah desa melalui proses riset.

“Justru treatment basic atau basiclly untuk pengembangan wisata itu bukan kalimat sekarang agar segera masif dikembangkan potensi yang ada, tetapi mencari potensi itu kemudian dibuat perencanaan atau grand design pariwisata itu yang paling bagus apa, jadi potensinya itu harus dicari berdasarkan riset,” katanya, Kamis (06/07/2023).

Dia menganalogikan sebuah lahan pertanian yang memiliki potensi wisata dimana kawasan tersebut harus memiliki dasar yang kuat.

“Misal wisata agro, atau jika ada tambahan wahana tertentu itu lebih baik seperti mata air misalnya,” ujarnya.

Anggota DPRD Jawa Barat, H Supono Komentari Desa Wisata di Kabupaten Bogor

Hal ini menurut H Supono harus didasarkan kajian yang dalam, dia tidak ingin sebuah desa wisata khususnya di namun isinya tidak menyeluruh.

“Saya mengharapkan daerah pemilihan saya yaitu memiliki desa wisata yang benar-benar jadi icon, hanya sayangnya kurang ada research potensi,” tukasnya.

“Kemudian soal integrasi dengan perencanaan infrastruktur, perencanaan sosial budaya jadi amdalnya itu juga bukan hanya kalau mau amdal untuk riset, seluruh potensi yang ada itu harus terintegral juga dengan infrastruktur yang ada,” pungkasnya.***

gibran

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here