Saturday, 27 April 2024
HomeNasionalCatat! Tol Bocimi Siap Diresmikan, Jakarta-Sukabumi Hanya 2,5 Jam

Catat! Tol Bocimi Siap Diresmikan, Jakarta-Sukabumi Hanya 2,5 Jam

Bogordaily.net –  atau Bogor-Sukabumi siap diresmikan. Jalan tol ini menjadi terobosan baru konektivitas Jakarta-Sukabumi.

Pada triwulan ke-3 tahun 2023, PT Waskita Karya (Persero) Tbk dengan bangga akan meresmikan Ruas Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi II Cigombong Cibadak. Ruas tol sepanjang 11,90 kilometer ini yang didanai oleh Penyertaan Modal Negara (PMN) tahun 2021 akan menyediakan perjalanan alternatif yang lebih efisien, mempersingkat waktu tempuh dari Jakarta menuju Sukabumi menjadi 2 jam 30 menit.

Solusi Mobilitas Lebih Cepat

Dengan peresmian ini diharapkan masyarakat sekitar akan merasakan kemudahan dan kecepatan dalam beraktivitas.

Sebelum adanya jalan tol ini, mereka harus menempuh perjalanan selama 5 jam dan melewati jalur-jalur macet seperti Cicurug, Parungkuda, dan Cibadak.

Kini, waktu tempuh yang singkat akan membuat mobilitas semakin lancar.

Peningkatan Lalu Lintas Harian

Sebagai informasi, Ruas Seksi I Ciawi-Cigombong telah beroperasi sejak Desember 2018.

Sedangkan Seksi II Cigombong-Cibadak sudah berfungsi sejak arus mudik lebaran pada 15 April 2023 hingga 1 Mei 2023.

Selama periode tersebut, tercatat peningkatan lalu lintas harian rata-rata (LHR) sebesar 66,20% dibandingkan dengan periode mudik tahun 2022, dengan jumlah rata-rata 38.716 kendaraan yang melintas.

Dukungan untuk Industri dan Potensi Wisata
juga diharapkan dapat mengoptimalkan kegiatan industri dalam distribusi logistik.

Selain itu, tol ini juga dianggap akan meningkatkan potensi wisata di wilayah Sukabumi dan sekitarnya.

Kehadirannya akan mendukung konektivitas menuju banyak destinasi pariwisata di Jawa Barat, seperti Pelabuhan Ratu, Ujung Genteng, Geopark Ciletuh, dan Gunung Gede.

Uji Laik Fungsi dan Layak Operasi

Sebagai pengelola Ruas , Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Trans Jabar Tol telah melakukan uji laik fungsi (ULF) dan uji layak operasi (ULO) secara menyeluruh.

Proses uji tersebut meliputi pemeriksaan teknis dan persyaratan jalan, serta aspek keselamatan guna memastikan semua standar telah terpenuhi untuk menjamin kenyamanan dan keamanan bagi pengguna jalan.

Komitmen Waskita 

Waskita Karya tetap berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan menyajikan karya-karya yang berkualitas, aman, dan nyaman.

Dengan peresmian ini, diharapkan masyarakat dapat menikmati manfaatnya dalam meningkatkan efisiensi perjalanan dan mengoptimalkan potensi daerah.

Dengan adanya tol ini, semoga konektivitas antara Jakarta dan Sukabumi semakin meningkat dan membuka lebih banyak peluang bagi perkembangan wilayah serta kesejahteraan masyarakat sekitar.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here