Friday, 3 May 2024
HomeNasionalDiaspora Artinya Apa? Ini Penjelasan Lengkap Kata yang Lagi Viral

Diaspora Artinya Apa? Ini Penjelasan Lengkap Kata yang Lagi Viral

Bogordaily.net  artinya apa? Kata sedang menjadi trending di laman pencarian Google Trends, hari ini Selasa, 4 Juli 2023. Hal ini seiring dengan lowongan kerja yang dibuka oleh PLN khusus untuk . Lalu artinya apa? Simak ulasan berikut yang dirangkum dari berbagai sumber.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud) terdapat kata .

“Masa tercerai-berainya suatu bangsa yang tersebar di berbagai penjuru dunia dan bangsa tersebut tidak memiliki negara, misalnya bangsa Yahudi yang tersebar di seluruh dunia,” tulis KBBI.

Di sisi lain berdasarkan laman Kementerian Luar Negeri (Kemlu), memiliki masyarakat yang tinggal di luar negeri. Terdapat kategori yang diakui oleh pemerintah Indonesia. Mereka adalah Warga Negara Indonesia (WNI). Selain itu Warga Negara Indonesia (WNA) yang merupakan anak WNI, mantan WNI atau anak dari mantan WNI.

Di sisi lain, istilah berasal dari bahasa Yunani kuno artinya “penyebaran atau penaburan benih”. Dalam laman Wikipedia, hal ini untuk merujuk kepada bangsa atau penduduk etnis manapun yang terpaksa atau terdorong untuk meninggalkan tanah air etnis tradisional mereka.

Lalu penyebaran mereka di berbagai bagian lain dunia dan perkembangan yang dihasilkan karena penyebaran dan budaya mereka.

Diaspora juga bisa diartikan sebagai perantau atau orang yang meninggalkan tanah kelahirannya untuk pergi ke negara lain atau daerah lain. Tujuannya yakni untuk mencari kehidupan yang lebih baik.

PLN Buka Lowongan Diaspora

Sementara itu, kata diaspora digunakan oleh PLN dalam lowongan kerja kali ini.  Lowongan ini telah diumumkan  PT PLN (Persero). Dalam hal ini diaspora yang dimaksud adalah lulusan perguruan tinggi luar negeri.

Baca Juga: PLN Buka Lowongan Kerja untuk Diaspora, Simak Syarat Lengkapnya

“PLN membuka kesempatan bagi Electrizen untuk bergabung menjadi keluarga besar PLN Group melalui Rekrutmen PLN Group 2023 bagi Fresh Graduate lulusan S1/S2 Diaspora atau lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri,” tulis PLN dalam laman Instagram @pln_id.

Demikian penjelasan tentang diaspora termasuk artinya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here