Friday, 3 May 2024
HomeKota BogorEndah Purwanti Soroti Angka Pengangguran Kota Bogor yang Melambung Tinggi

Endah Purwanti Soroti Angka Pengangguran Kota Bogor yang Melambung Tinggi

Bogordaily.net-Anggota Komisi I DPRD menyoroti angka pengangguran terbuka di yang melambung tinggi di wilayah Jawa Barat.

Berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat (Jabar) bahwa persentase pengangguran terbuka di pada 2022 mencapai 10,78 persen. Presentase itu merupakan yang tertinggi di wilayah Jabar.

Sementara pada posisi kedua yakni Kota Cimahi dengan presentase 10,77 persen. Kemudian diikuti oleh Kabupaten Bogor 10,64 persen.

mengaku sedih dengan banyak pengangguran di . Padahal, ia berharap di tahun terakhir masa jabatan Wali Kota, Bima Arya dapat fokus kepada program yang lebih banyak menyentuh masyarakat.

“Pertanyaannya sederhana, lebih urgent trotoar atau pengentasan kemiskinan? Lebih urgent trotoar atau penurunan pengangguran?,” kata

Endah pun menilai bila Pemkot Bogor kurang serius dalam menangani hal tersebut.

Hal itu, kata dia, dapat dilihat dari program yang masuk dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

Seharusnya, kata Endah, Pemkot Bogor mesti fokus pada padat karya. Namun pemerintah terlebih dahulu harus memecah data BPS itu.

Dikaji dari usia, potensi, baru dirumuskan penanganannya. Presentase 10,78 persen berarti di terdapat 55 ribu pengangguran terbuka, tinggal sekarang keseriusan Pemkot Bogor.

“Hanya beberapa persen anggaran yang dialokasikan untuk pengentasan pengangguran. Disnaker saja operasional setahun hanya Rp1 miliar di 2021. Bahkan warga yang mengikuti pelatihan di BLK hanya 30 sampai 40 orang,” jelas Endah.

Pemkot, lanjut Endah, mesti membuat terobosan baru dalam hal pengentasan pengangguran lantaran dunia kerja telah berubah, sehingga kebutuhan tak selalu sama.

Apabila melihat APBD yang mencapai Rp3 triliun, apabila setengahnya untuk gaji pegawai, setengahnya bagi pembangunan.

“Ya, paling tidak diangka Rp1 triliun ini untuk yang bisa dipaketkan, misalkan untuk pengentasan pengangguran,” tutup Endah

Muhammad Irfan Ramadan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here