Tuesday, 7 May 2024
HomeNasionalFakta-Fakta Septic Tank Meledak di Kamar Kos

Fakta-Fakta Septic Tank Meledak di Kamar Kos

Bogordaily.net–  meledak di sebuah kamar kos di Jalan Anggrek, Kelurahan Bulupabbulu, Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan viral. Akibatnya seorang pria mengalami luka-luka. Peristiwa terjadi diduga lantaran korban menyalakan rokok saat hendak buang air besar (BAB). Berikut fakta-fakta meledak.

Meledak Saat Akan BAB

Pria berinisial SY (26) menjadi korban ledakan di kamar kosnya pada Jumat, 7 Juli 2023. meledak diduga setelah korban menyalakan rokok saat hendak buang air besar (BAB).

Korban ledakan diduga merokok saat akan buang air besar (BAB). Korban telah dilarikan ke rumah sakit lanntaran mengalami luka terkena ledakan .  Korban diduga tidak menyadari ada unsur gas dari . Ledakan juga terjadi saat korban menyalakan korek api untuk merokok.

Korban Luka Bakar

Akibat ledakan korban mengalami luka bakar hingga 40 persen. Korban juga telah dilarikan ke rumah sakit. Di sisi lain, polisi kemudian melakukan olah kejadian tempat perkara (TKP).

“Olah TKP dilakukan oleh Puslabfor Polda Sulsel didampingi Tim Inafis Polres Wajo dan pengamanan oleh Tim Jibom Detasemen C Brimob Bone,” kata Kapolres Wajo AKBP Fatchur Rochman dikutip dari detikSulsel.

Selidiki Penyebab Ledakan

Kapolres menjelaskan tim Puslabfor Polda Sulsel sudah turun tangan ke lokasi kejadian. Tim ini akan mendalami lebih lanjut penyebab ledakan septic tank di dalam kamar kos di Sulsel yang terjadi setelah korban menyalakan rokok saat hendak BAB tersebut.

Penjelasan Ilmiah Septic Tank Meledak

Sementara itu Ahli Kimia Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof. Chairil Anwar sebagaimana melansir Suara.com menyebut septic tank mampu meledak karena adanya pembentukan gas metana yang dipicu percikan api. Proses fermentasi dalam septic tank sangat kuat dan terbentuk gas metana yang banyak.

Proses fermentasi itu dilakukan bakteri anaerob yakni organisme yang mampu hidup tanpa oksigen. Gas metana merupakan komponen utama gas alam yang mudah terbakar. Oleh sebab itulah terkadang terjadi ledakan septic tank setelah dipicu oleh korek api.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here