Sunday, 5 May 2024
HomeNasionalKemenparekraf Gelar Santri Digitalpreneur di Pondok Pesantren Darul Muttaqin Bogor

Kemenparekraf Gelar Santri Digitalpreneur di Pondok Pesantren Darul Muttaqin Bogor

Bogordaily.net – menggelar Santri Digitalpreuneur Indonesia di Pondok Pesantren Darul Muttaqin, Parung, Kabupaten Bogor. Santri Digitalpreuneur Indonesia Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif () digelar Sabtu 22 hingga Selasa, 25 Juli 2023.

Kegiatan di Pondok Pesantren Darul Muttaqin, Kecamatan Parung diikuti oleh  50 peserta dari 10 Pondok Pesantren (Ponpes) yang tersebar di berbagai wilayah.

Tim Mentor Santri Digital Preuneur Indonesia (SDI) Ardiansyah mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu program untuk menjawab kebutuhan pesantren di era digital.

Nantinya para santri mampu beradaptasi dan meningkatkan kompetensinya di era digitalisasi saat ini.

“Santri juga dituntut untuk lebih terbuka dan memahami perkembangan. Terkait perkembangan sosial media dan digital,” kata Ardiansyah, kepada Bogordialy.net, Minggu 23 Juli 2023.

Dalam kegiatan SDI tersebut pihaknya fokus pelatihan fotografi, vidiografi, konten digital, dan konten kreator.

Untuk tahap awal kata Ardi, para santri mendapat materi berupa teori terlebih dulu.  Kemudian praktek didampingi para mentor dan di-review dan mengerjakan project yang diberikan.

“Dari pelatihan ini tentunya kesempatam bagi santri untuk mengembangkan diri yang nantinya bisa mereka kembangkan. Untuk usaha mereka sendiri maupunbisa bermanfaat didunia masyarakat baik itu bekerja maupun berwurausaha,” jelasnya.

Fasilitas Santri Digitalpreuneur

Ia mengatakan, dalam kegiatan Santri Digitalpreuneur para santri dibekali berbagai fasilitas seperti kamera dan laptop untuk mengasah beragam skill yang dimiliki oleh para santri.

“Tentunya kesulitan ada. Namun kita bisa minimalisir dengan bantuan tim mentor dan panitia dengan menyediakan berbagai fasilitas diantaranya, kamera dan laptop. Jadi santri juga bisa mengikuti dengan fasilitas yang kami sediakan,” ungkap Ardiansyah.

Santri Digitalpreuneur Indonesia

Salah satu peserta Santri Digitalpreuneur, Muhammad Faturizik Ramadan mengaku sangat terkesan dengan kegiatan tersebut. Sebab bisa mengembangkan skill yang dimilikinya.

“Dalam santri digitalpreuneur ini banyak sekali pelajaran yang kita dapat seperti apa itu segitiga ekposure, lebih dijelaskan lagi disini. Lalu juga dijelaskan pengambilan angle dan beragam penjelasan lainya,” ujar Fatur kepada Bogordaily.net, usai kegiatan, Minggu 23 Juli 2023.

Dengan adanya kegiatan santri digital preuneur kata dia, dapat membimbing para santri untuk menjadi aktif, cepat, tanggap dan juga kreatif.

Tentunya dengan sistem yang berkelompok kegiatan tersebut dapat menciptakan karakter yang komunikatif dan percaya diri kepada para santri.

“Kedepanya mungkin akan kita terapkan ke adik kelas kita dan bisa menjadi standard pembelajaran untuk kita para santri,” ungkapnya kepada Bogordaily.net.(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here