Monday, 29 April 2024
HomeOtomotifKomponen Mesin Motor Apa Saja? Ini Bagian dan Fungsinya

Komponen Mesin Motor Apa Saja? Ini Bagian dan Fungsinya

Bogordaily.net – Komponen apa saja? Hal ini penting diketahui bagi kamu yang memiliki sepeda motor. Sebagai pengetahuan dasar, apa saja komponen simak ulasan berikut ini.

Sebagai pengguna sepeda motor sehari-hari perlu mengetahui informasi tentang komponen mesin sepeda motor. Sehingga kita bisa mengetahui perawatan yang tepat dan kendala-kendala yang mungkin terjadi saat motor digunakan.

Melansir Kursusotomotif.com, dibedakan menjadi dua. Ada mesin 2 tak dan mesin 4 tak. Bedanya pada mekanisme pembakaran mesin untuk menghasilkan tenaga. Berikut komponen pada umumnya.

Busi

Busi bisa disebut pemicu pembakaran pada yang berasal dari panas dan listrik. Pada prosesnya, tegangan listrik dipertemukan dengan panasnya ignition coil pada mesin ketika terjadi proses penekanan udara oleh piston. Sehingga menjadi ledakan yang mengakibatkan pembakaran mesin.

Head Silinder

Kepala silinder atau cylinder head berfungsi sebagai penutup lubang silinder pada blok silinder dan menjadi tempat dudukan busi mesin. Kepala silinder bertumpu di atas blok silinder. Di titik tumpunya dipasang atau direkatkan oleh gasket. Gunanya mencegah terjadinya kebocoran kompresi mesin. Terdapat sirip-sirip yang memiliki fungsi membantu melepaskan panas pada mesin atau yang lebih dikenal dengan pendingin udara.

Blok Silinder

Blok silinder merupakan tempat piston bergerak bolak balik dan tempat beberapa komponen kelistrikan dipasangkan. Blok silinder termasuk bagian penting pada suara mesin. Konstruksi blok silinder dipengaruhi sistem pendinginannya. Lalu jumlah silindernya serta sistem pemasukan bahan bakarnya.

Crankcase

Crankcase dikenal sebagai komponen yang berfungsi khusus rumah dari beberapa komponen-komponen mesin bagian yang ada di dalamnya. Seperti kopling mesin, generator, atau alternator, pompa oli, gigi transmisi, penampung oli dan juga poros engkol.

Piston

Piston bekerja dan bergerak secara translasi atau gerak bolak-balik di dalam silinder. Bentuknya seperti silinder. Piston merupakan sumbu geser yang terpasang presisi dalam silinder. Berfungsi mengubah volume dari tabung, menekan fluida dalam silinder, membuka-tutup jalur aliran ataupun kombinasi semua itu.

Atau berfungsi memindahkan tenaga mesin yang diperoleh dari hasil pembakaran bahan bakar ke poros engkol atau crank shaft melalui batang torak (connecting road).

Ring Piston

Ring piston menjadi komponen mesin yang memiliki fungsi mencegah terjadinya kebocoran gas bahan bakar saat terjadi proses kompresi dan usaha. Selain itu dapat untuk mencegah masuknya oli pelumas ke ruang bakar mesin. Serta memindahkan aliran pana dari bagian piston ke dinding silinder.

Crankshaft

Dari batang piston gerakan diteruskan ke poros engkol atau disebut crankshaft. Bererak lurus bolak balik dan diubah menjadi gerak putar. Putarannya tidak merata sebab saat piston bergerak ke atas, putaran poros engkol mengalami perlambatan.

Flywheel

Flywheel merupakan roda yang meneruskan putaran piston untuk menggerakkan motor. Fungsi utamanya menyimpan gaya lembam. Sehingga mesin masih melaksanakan langkah buang, isap dan kompresi dengan tenaga yang cukup besar.

Valve dan Rocker Arm

Katup atau valve memiliki fungsi menutup dan membuka saluran masuk dan saluran buang. Rocker arm berfungsi mengembalikan katup pada kedudukan atau posisi semula serta memberikan tekanan pada katup tersebut agar dapat menutup dengan rapat.

Push Rod dan Valve Lifter

Push rod memiliki fungsi meneruskan gerakkan pengangkat katup ke rocker arm. Sedangkan pengangkat katup atau valve lifter berfungsi memindahkan gerakkan poros nok ke rocker arm melalui push rod.

Itulah komponen berikut bagian dan fungsinya. Semoga bermanfaat.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here