Sunday, 28 April 2024
HomeNasionalPenyebab Septic Tank Bisa Meledak, Waspada!

Penyebab Septic Tank Bisa Meledak, Waspada!

Bogordaily.net–  Septic tank di salah satu kamar kos di Jalan Anggrek, Kelurahan Bulupabbulu, Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo. Lalu apa septic tank bisa ? Simak ulasannya berikut ini.

Septic tank pada Jumat, 7 Juli 2023 pukul 17.30 WITA. Akibatnya salah seorang korban dilarikan ke Rumah Sakit Hikmah Sengkang, Wajo karena mengalami luka bakar.

Septic tank diduga dicipu korek api yang dinyalakan korban saat hendak buang air besar (BAB).

Septic tank merupakan bagian dari sistem sanitasi sebuah bangunan untuk menampung limbah toilet berupa kotoran, tinja, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Fakta-Fakta Septic Tank Meledak di Kamar Kos

Pada umumnya septic tank berbentuk bak besar di dalam tanah dan di luar area bangunan rumah. Terkadang karena terbatasnya lahan septic tank diletakkan di taman atau garasi sehingga jadi tertutup secara keseluruhan.

Septic tank yang tertutup erat tentu bisa membuatnya rentan . Hal ini lantaran menghasilkan gas dari proses penguraian kotoran dari bakteri yang terkumpul. Dirangkum dari Suara.com berikut septic tank .

Septic Tank Meledak

Kurang ventilasi dan sifon

Saat membangun septic tank,  tidak jarang orang-orang mengabaikan kebutuhan ventilasi dan sifon pada septic tank. Padahal, kedua bagian yang dianggap sepele ini sangat penting untuk menjaga kondisi septic tank agar tidak meledak.

Ventilasi septic tank biasanya berbentuk lubang yang menyambung dari bawah ke atas tanah. Ventilasi berfungsi mengeluarkan gas yang dihasilkan dari pembusukan limbah. Sifon atau pipa penyalur yang cukup juga sangat dibutuhkan saat membangun septic tank.

Tanpa ventilasi dan sifon yang cukup, gas-gas akan tertahan dan menimbun di dalam septic tank. Jika dibiarkan maka tekanan di dalam septic tank akan makin besar hingga akhirnya meledak.

Kelebihan limbah

Limbah rumah tangga yang terlalu berlebih bisa juga menjadi . Semakin banyak limbah yang dihasilkan dan masuk ke dalam septic tank tanpa diolah dengan baik, maka semakin besar kemungkinan septic tank meledak.

Bahan kimia dengan kadar tinggi

Bahan kimia seperti cuka, larutan pemutih, atau bahan kimia yang digunakan untuk membunuh bakteri ternyata juga bisa membahayakan kinerja septic tank. Sebab, bahan-bahan tersebut dapat merusak komponen-komponen penting pada septic tank dan mengubah keseimbangan di dalam septic tank.

Jika terlalu banyak menggunakan bahan kimia di septic tank, bisa menghasilkan gas yang beracun dan membuat septic tank meledak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here