Sunday, 28 April 2024
HomeBeritaPenyebab Tabrakan Beruntun Apa Saja? Simak demi Keselamatan Berkendara

Penyebab Tabrakan Beruntun Apa Saja? Simak demi Keselamatan Berkendara

Bogordaily.net–  apa saja? Kecelakaan beruntun kerap dialami sejumlah pengendara. Terdapat beberapa yang mengakibatkan tabrakan beruntun terjadi. Apa saja penyebabnya?

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Bogor Kota memaparkan penyebabnya melalui laman Instagram, Selasa, 4 Juli 2023.

“Seringkali kita menyaksikan berita tentang terjadinya Tabrakan Beruntun di jalan baik di media Elektronik, Cetak maupun Sosial. Namun tahukah kamu apakah yang menjadi Tabrakan Beruntun bisa terjadi,” tulis keterangan yang diunggah di Instagram @satlantas_polrestabogorkota, Selasa, Juli 2023.

memaparkan terdapat 7 terjadinya tabrakan beruntun. Berikut ini penyebabnya:

Pindah Jalur Sembarangan

pertama yakni pindah jalur sembarangan. Sebagian pengendara kerap memaksakan pindah lajur tanpa memperhatikan kendaraan yang ada di belakangnya.

Tidak Jaga Jarak Aman

Pengendara kerap memacu kendaraan dengan kecepatan dan mengikuti kendaraan di depan dengan sangat rapat. Hal ini bisa memicu terjadinya tabrakan beruntun.

Lampaui Batas Kecepatan

berikutnya yakni melampaui batas kecepatan. Jalan tol memiliki aturan batas kecepatan terendah 80 km/jam dan tertinggi 100 km/jam. Namun, tak jarang para pengendara melampaui batas kecepatan tersebut.

Melaju di Bahu Jalan Tol

Bahu jalan tol hanya untuk kondisi darurat dan tidak boleh dipakai untuk berkendara dengan alasan apapun.

Lampu Rem Mobil Mati

berikutnya adalah lampu rem mobil mati. Jika ini terjadi, maka mobil di belakang tak mengetahui kendaraan di depannya melakukan pengereman. Oleh karena itu sangat penting mengecek kondisi kendaraan sebelum bepergian.

Bermain Smartohone

Memainkan ponsel atau smartphone saat sedang berkendara sangatlah berbahaya. Sebab dapat membuat konsetrasi pecah dan dikhawatirkan terjadi kecelakaan.

Microsleep

Microsleep merupakan kondisi hilangnya kesadaran atau perhatian seseorang karena mengantuk. Sehingga pengendara tertidur secara tiba-tiba tetapi hanya dalam waktu yang sangat singkat. Hal ini bisa memicu terjadinya tabrakan beruntun.

Demikian tabrakan beruntun yang harus diperhatikan oleh para pengendara. Taati peraturan lalu lintas dan selalu berhati-hati dalam berkendara. Semoga bermanfaat.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here