Sunday, 19 May 2024
HomeKota BogorSoal Merger Sekolah, Disdik Kota Bogor Buat Pemetaan

Soal Merger Sekolah, Disdik Kota Bogor Buat Pemetaan

Bogordaily.net  Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor terus melakukan pemetaan terkait rencana merger sekolah dari SD menjadi SMP.

Kepala , Sujatmiko Baliarto mengatakan, saat ini bidang terkait memang tengah melakukan pemetaan dan survei.

Survei itu dilakukan terhadap sekolah-sekolah tingkat SD yang kemungkinan akan digabungkan atau dimerger.

“Pemetaan yang dilakukan oleh Disdik Kota Bogor dilakukan secara mendalam. Diperkirakan pelaksanaan merger akan dilakukan tahun depan,” kata Kepala Disdik Kota Bogor, Sujatmiko Baliarto.

Namun, Sujatmiko belum bisa memastikan berapa dan di mana saja sekolah yang akan dimerger. Kemudian, kata Sujatmiko, untuk sekolah yang dimungkinkan bertambah, prosesnya panjang. Hal tersebut sedang dianalisis terlebih dahulu.

“Saat ini masih mapping (pemetaan), survei, yang dimungkinkan untuk merger. Lagi proses mapping, kan jumlahnya belum dapat,” jelas Sujatmiko

Ia menerangkan, perihal penambahan jumlah sekolah negeri, pemetaan juga dilakukan terhadap sekolah-sekolah yang membutuhkan perbaikan. Khususnya, sekolah yang memerlukan tambahan kelas.

“Jujur, saat ini menilai kondisi eksisting dulu yang rusak, tidak rusak. Mana sekolah yang perlu tambahan kelas, mana yang akan revitalisasi, baru ke situ (penambahan),” tutup Sujatmiko.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor berencana menambah lima sekolah negeri baru untuk tingkat SMP dan SMA, 2024 mendatang.

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim mengatakan, pihaknya sejak satu tahun lalu sebenarnya sudah melakukan kajian.

Hasilnya, kata Dedie menunjukkan beberapa SD yang muridnya sudah berkurang dan bakal diajukan menjadi tingkat SMP

“Kemudian untuk pelaksanaannya Insya Allah di tahun depan (pendirian SMP baru). Termasuk ada SD SMP Terpadu di Kayumanis, dan ada juga beberapa SD yang sudah di merger akan kita launching di tahun depan (jadi SMP),” kata Dedie.(Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here