Thursday, 16 May 2024
HomeKota BogorSoroti Kecurangan PPDB di Kota Bogor, Ketua IPW Minta Aparat Turun Tangan

Soroti Kecurangan PPDB di Kota Bogor, Ketua IPW Minta Aparat Turun Tangan

Bogordaily.net–  Ramainya dugaan kecurangan Penerimaan Peserta Didik Baru () di membuat semua pihak memberikan atensi termasuk IPW.

Ketua Indonesia Police Watch (IPW) Sugeng Teguh Santoso bahkan meminta agar aparat Kepolisian turun tangan terkait kasus dugaan kecurangan di .

Permintaannya tersebut untuk mengungkap dugaan perantara alias calo di . Terlebih, jika ada aparatur sipil negara (ASN) yang terlibat.

“Kalau memang ada calo dan terbukti menerima uang (oknum ASN), harus diberikan sanksi oleh wali Kota,” kata Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso.

Sugeng mengatakan, aparat kepolisian dalam hal ini Polresta Bogor Kota untuk menindak tegas siapa saja yang terlibat dalam proses .

Baca Juga: Cek Kecurangan PPDB Kota Bogor, Bima Arya Akan Bongkar Sampai Bawah

Apalagi, kata Sugeng, jika calo atau oknum tersebut terbukti melakukan data fiktif, karena bisa dipidana.

“Perlu juga diingat ketika memang ada calon peserta didik yang memang melakukan perpindahan alamat dan ditempuh dengan benar tidak ada yang menyalahi,” jelas Sugeng.

Namun, lanjut Sugeng, para orang tua, jangan melakukan tindakan memberikan data fiktif. Karena jika data fiktif itu bisa berpotensi pidana.

Pria yang akrab disapa STS tersebut menerangkan, kalau para orangtua memang pindah sesuai aturan dan bukan fiktif, pindah alamat diperbolehkan.

“Walaupun tidak bertempat tinggal disana, pindah alamat jika diurus benar kan bukan fiktif,” tegas pria yang akrab disapa STS.

STS menambahkan, bagi petugas yang menemukan data fiktif, hendaknya langsung dicoret. Dan tidak usah ada kompromi.

“Oleh karena itu, panitia harus mempunyai-mekanisme untuk melakukan pengecekan keabsahan data PPD,” tutup STS.(Muhammad Irfan Ramadan)

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here