Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaBaju Adat Jokowi pada Upacara 17 Agustus 2023 dari Mana? Ini Asal...

Baju Adat Jokowi pada Upacara 17 Agustus 2023 dari Mana? Ini Asal Usulnya

Bogordaily.net–  yang Presiden Joko Widodo () pada Upacara 17 Agustus 2023 di Istana Merdeka, Jakarta berasal dari mana? Simak ulasan tentang pada peringatan HUT Kemerdekaan ke-78 RI, Kamis, 17 Agustus 2023.

Pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI) Kamis, 17 Agustus 2023, Presiden mengenakan pakaian adat ageman songkok singkepan ageng. Pakaian tersebut merupakan pakaian khas Keraton Kesunanan Surakarta.

“Ini ageman songkok singkepan ageng. Ini dari Keraton Kasunanan Surakarta,” ujar Presiden dalam keterangan persnya sebagaimana dilansir dari laman Sekretariat Presiden (Setpres).

menilai keberagaman yang dimiliki oleh Indonesia bisa terlihat dari keberagaman baju-baju daerah yang dipakai masyarakat yang hadir di Istana Merdeka. Keberagaman menurut bisa dipersatukan itu adalah kekuatan Indonesia.

“Inilah sebetulnya kekuatan negara kita, kekuatan Indonesia yang keberagaman yang bisa dipersatukan. Jadi kalau kita bersatu, solid, kompak itulah kekuatan besar Indonesia,” jelasnya.

Sementara itu Ibu Negara Iriana Joko Widodo tampil dengan pakaian adat khas Bali. Sedangkan Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan sang istri, Wury Ma'ruf Amin mengenakan pakaian adat baju koto gadang khas Sumatra Barat.

Asal Usul Pakaian Khas Keraton Surakarta

Ageman Songkok Singkepan Ageng biasanya dipakai para Raja Pakubuwono Hadiningrat di Kesunanan Surakarta, Jawa Tengah.

Pakaian tersebut biasanya digunakan dalam acara “Enggar Enggar soho Tedhak Loji”. Yakni saat raja keluar dari keraton dengan menaiki kereta kuda diikuti dengan perangkat keraton untuk terjun langsung melihat kondisi kawulo atau masyarakat.

Pada pelaksanaannya, di sepanjang jalan Raja membagikan uang dan makanan sebagai rasa cinta kasih kepada kawulonya atau bisa disebut dengan turuba (turun ke bawah).***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here