Wednesday, 1 May 2024
HomeKabupaten BogorBantu Pertanian, Mahasiswa STKIP Arramaniyah Depok KKN di Desa Bojong

Bantu Pertanian, Mahasiswa STKIP Arramaniyah Depok KKN di Desa Bojong

Bogordaily.net – Sebanyak 9 mahasiswa prodi pendidikan biologi STKIP Arrahmaniyah Depok didampingi Ketua program studi pendidikan biologi, Drs. Muh. Rais, M.Si dan Dosen pembimbing biologi 2023, Farida Susantina M, Pd mengadakan pertemuan dengan pihak desa di Kantor Desa Bojong pada Selasa 1 Agustus 2023.

Pada pertemuan ini Pemerintah Desa Bojong, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, menyambut penuh ramah kedatangan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata () prodi pendidikan biologi STKIP Arrahmaniyah Depok.

Dalam sambutannya Kepala Desa (Kades) Bojong, Kusnadi menyampaikan, yang dilakukan mahasiswa prodi biologi di Desa Bojong berkaitan dengan pertanian yang berada di RW.12 Kampung Setu.

“Selama selama satu bulan ini saya berharap dapat membawa perubahan bagi petani di wilayah khusus nya Desa Bojong,” ujar Kades Bojong, Kusnadi.

Menurutnya, bukan petani saja, ia mengharapkan mahasiswa yang melakukan dapat bersinergi dengan masyarakat untuk membersihkan drainase.

Agar saluran drainase tidak dipenuhi tanaman liar dan menyumbat aliran air.

“Harapan saya kegiatan mahasiswa STKIP Arramaniyah Depok dapat berlangsung lancar,” ungkapnya.

“Para mahasiswa dipersilakan melakukan kegiatan-kegiatan bersama warga. Terima kasih sudah hadir untuk menjadikan Desa ini menjadi Desa yang maju,” sambungnya.

Sementara itu, Ketua program studi pendidikan biologi, Drs. Muh. Rais, M.Si mengatakan, mahasiswa STKIP Arramaniyah hadir ingin bersilaturahmi dengan Pemerintah Desa Bojong.

Ia menjelaskan kedatangannya ingin belajar bersama dalam bentuk pengabdian masyarakat melalui program .

Potensi lokal Desa Bojong, baik Sumber Daya Alam (SDA) maupun Sumber Daya Manusia (SDM) dapat dikembangkan sehingga memberikan peningkatan kesejahteraan sosial warga setempat.

“Kesejahteraan sosial dapat diwujudkan dalam berbagai sektor di antaranya ekonomi, pendidikan, industri, dan kesehatan,” tambahnya.

Kegiatan pengabdian masyarakat dalam program ini memiliki berbagai program kerja. Program kerja yang dijalankan satu prinsip yaitu lingkungan alami.

“Mahasiswa kami yang melakukan penanaman organik tanpa menggunakan bahan kimia yang merusak lingkungan dan kesehatan,” katanya.

Setelah itu acara ditutup dengan doa bersama yang dipandu oleh dosen pembimbing KKN Farida Susantina, M.Pd.

“Ya Allah SWT melancarkan program KKN mahasiswa yang bisa berkolaborasi dengan masyarakat dan selalu diridhai oleh Allah SWT,” tutupnya.***

Ibnu Galansa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here