Friday, 3 May 2024
HomeKota BogorDinsos Kota Bogor Evakuasi ODGJ Yang Sempat Dinyatakan Meninggal Oleh Keluarganya

Dinsos Kota Bogor Evakuasi ODGJ Yang Sempat Dinyatakan Meninggal Oleh Keluarganya

Bogordaily.netDinas Sosial (Dinsos) Kota Bogor mengevakuasi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) Orang Dalam Gangguan Jiwa () di Pajajaran, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor.

PPKS tersebut bernama Dewi asal Kabandungan, Kabupaten Sukabumi yang dinyatakan sudah meninggal oleh pihak keluarganya karena sudah lima tahun menghilang.

“Alhamdulillah, kami membawa Dewi ke Disdukcapil Kota Bogor untuk dilakukan biometrik untuk mengetahui data identitas kependudukan nya,” kata Kabid Rehabilitasi Sosial, Dody Wahyudi, Kamis 3 Agustus 2023.

Setelah terindentifikasi, membawa PPKS bernama Dewi itu ke RS Marzuki Mahdi untuk dilakukan perawatan.

“Jika sudah mendapatkan perawatan dan pemulihan, Dewi akan dijemput oleh keluarga,” ujarnya.

Sebelumnya Dinas Sosial mengamankan orang tersebut dalam kondisi mabuk dan mengamuk melempari botol ke pengguna jalan, merusak toko sehingga mengancam keselamatan warga.

“Kemudian pria tersebut dibawa oleh anggota satpol PP Kota Bogor dan dibawa ke dinas sosial. Sesampai di dinsos, kita rujuk lag ke RS Marjuki Mahdi untuk mendapat perawatan dan rehabilitasi,” ucap Dodi.

Sebagai informasi, sesuai Permensos Nomor 8 tahun 2012, kurang lebih ada 26 item yang memang harus ditangani oleh Dinas Sosial, dari 26 item itu di antaranya adalah di rehabilitasi sosial.

Maka dari itu, pihaknya selalu menangani masalah-masalah sosial yang berhubungan masalah dasar di masyarakat seperti orang dengan gangguan jiwa (), orang terlantar, disabilitas, gelandangan dan pengemis.

Bidang rehabilitasi sosial bersama Satpol PP Kota Bogor, Dishub Kota Bogor serta Dinas Kesehatan Kota Bogor untuk mengevakuasi orang terlantar, , pengemis dan lainnya.***

Ibnu Galansa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here