Thursday, 16 May 2024
HomeNasionalHujan Meteor Perseid 13 Agustus 2023 Jam Berapa?

Hujan Meteor Perseid 13 Agustus 2023 Jam Berapa?

Bogordaily.net–  Perseid 13 Agustus 2023 jam berapa? Hujan Meteror Perseid bakal terjadi. Puncaknya pada 13 Agustus 2023. Lalu perseid yang diketahui jatuh 13 Agustus 2023 terjadi jam berapa?

Melansir laman langitselatan.com 13 Agustus akan terjadi perseid. Dimulai tanggal 14 Juli sampai 1 September 2023, Perseid yang berasal dari debu komet Swift-Tuttle tersebut akan mencapai puncak tanggal 13 Agustus.

“Di malam puncak diperkirakan 100 meteor akan melintas setiap jam dan tampak datang dari rasi Perseus,” tulis langitselatan.com.

Untuk lokasi pengamatan yang bebas polusi cahaya, pengamat bisa menyaksikan setidaknya 50-75 meteor setiap jam.

“Rasi Perseus baru terbit tengah malam yakni pukul 00.16 WIB dari arah timur laut. Bulan sabit yang terbit dini hari pada pukul 03.30 WIB tidak jadi faktor pengganggu perburuan meteor,” sambungnya.

Itu Apa?

Melansir salah satu artikel di laman Brin.go.id, meteor atau yang biasa disebut bintang jatuh merupakan fenomena kenampakan dari lintasan saat benda antariksa melintas menuju atmosfer bumi.

Meteor disebabkan oleh orbit bumi yang beririsan dengan orbit benda antariksa lainnya seperti komet ataupun asteroid. Pada saat bumi melewati orbit benda langit, maka akan menghasilkan batuan yang jatuh ke atmosfer bumi. Meteor terjadi sewaktu-waktu dengan durasi dan intensitas serta jumlah yang tidak teratur.

Peneliti Pusat Riset Antariksa BRIN, Andi Pangerang Hasanuddin menyebut merupakan fenomena yang bisa diprediksi dengan jumlah yang selalu teratur dan terjadi di bulan tertentu,

tidak memiliki dampak negatif bagi masyarakat dan tidak mengakibatkan lapisan ozon menipis. Hal ini dikarenakan beberapa meteor akan habis terbakar oleh atmosfer bumi. Sehingga masyarakat dapat melihat fenomena indah ini tanpa khawatir dan cemas, karena cenderung aman dan tidak berbahaya,” ujar Andi dalam acara DOFIDA atau Dialog Obrolan Fakta Ilmiah Populer dalam Sains Antariksa di kanal YouTube BRIN Indonesia.

Cara Melihat Meteor

Agar bisa melihat mengamati atau fenomena antariksa lainnya secara efektif, diperlukan cuaca yang cerah dan mendukung serta bebas dari tutupan awan.

Selain itu harus bebas dari polusi cahaya atau gangguan cahaya buatan yang dihasilkan oleh aktivitas manusia. Medan pandang juga bebas dari penghalang.

“Apabila ingin mengabadikan dibutuhkan kamera all sky yang diletakkan di arah zenith (arah atas) sehingga kamera akan merekam sampai malam selesai, baru bisa melihat meteor melintas,” jelas Andi.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here