Tuesday, 30 April 2024
HomeNasionalJepang Diterjang Topan Lan, Ratusan Penerbangan Dibatalkan

Jepang Diterjang Topan Lan, Ratusan Penerbangan Dibatalkan

Bogordaily.net–  diterjang Lan. Akibatnya ratusan penerbangan dibatalkan. Tak hanya itu ratusan ribu warga juga diminta untuk mengevakuasi diri ke tempat lebih aman.

Lan menghantam .   Lan tiba di ujung selatan Prefektur Wakayama, wilayah yang terletak 400 kilometer barat daya Tokyo setelah usai berembus dari Samudra Pasifik.

Melansir CNN Indonesia sebagaimana dilaporkan Reuters, Lan membawa hujan lebat dan angin kencang di sebagian besar kawasan pusat dan barat . Sungai dengan aliran deras dan meluap-luap kala datang.

Sekitar 900 penerbangan dibatalkan akibat Topan Lan. Bahkan puluhan layanan kereta api juga terpaksa dihentikan sementara.

Tak hanya itu beberapa jalanan terpaksa ditutup. Sebab hujan deras dan angin kencang yang berbahaya.

Di Kota Nara, rumah-rumah dan bisnis rusak akibat terjangan air. Beberapa orang tertiup angin kencang hingga terluka.

Selain itu listrik di rumah-rumah di wilayah pusat dan barat pun padam akibat topan. Beberapa pertokoan juga ditutup dengan alasan keamanan.

Sejauh ini pihak berwenang sudah mengeluarkan peringatan untuk banjir, tanah longsor, dan beberapa tornado menyusul Topan Lan.

Badan Penanggulangan Bencana menyatakan otoritas telah mendirikan pusat evakuasi di gedung-gedung yang aman dan dataran tinggi bagi warga di 11 prefektur guna mengantisipasi topan ini.

Selama 24 jam mendatang, wilayah pusat Tokai diprediksi dilanda hujan dengan intensitas 350 milimeter. Ini hampir tiga kali lipat dari rata-rata curah hujan pada umumnya di Bulan Agustus.

Apa Itu Topan Lan?

Topan Lan adalah angin yang memiliki kecepatan sebesar 150 kilometer per jam. Angin ini bergerak ke barat laut melintasi barat Pulau Honshu dengan kecepatan sekitar 15 kilometer per jam.

Badan cuaca menyebut Topan Lan diperkirakan akan mencapai Laut pada Rabu pagi dan bergerak menuju utara.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here