Monday, 6 May 2024
HomeOpiniKelompok KKM 15 Mahasiswa IUQI Ajarkan Pola Hidup Sehat Pada Anak

Kelompok KKM 15 Mahasiswa IUQI Ajarkan Pola Hidup Sehat Pada Anak

Kelompok KKM 15 mahasiswa IUQI di Desa Benteng sukses mengadakan Program sosialisasi dan Edukasi Pola Hidup Bersih dan Sehat.

Yaitu, mengajarkan anak-anak tentang Kesehatan dan Kebersihan di SD NEGERI BENTENG 01, pada hari Sabtu, 19 Agustus 2023.

Program sosialisasi ini adalah bentuk upaya untuk menciptakan generasi yang sadar akan pentingnya pola hidup bersih dan sehat, ini merupakan program kerja dari pada kelompok 15 IUQI yang mana untuk mengambil langkah proaktif dengan meluncurkan program sosialisasi pola hidup bersih dan sehat (PHBS) di SD Negeri Benteng 01.

Program ini bertujuan untuk mengajarkan para siswa tentang pentingnya mencuci tangan secara rutin, menjaga kebersihan lingkungan, mengonsumsi makanan bergizi, serta Berolahraga.

Melalui pendekatan yang interaktif dan menarik, para siswa diajarkan bagaimana kebiasaan-kebiasaan sederhana ini dapat memiliki dampak besar terhadap kesehatan mereka.

Dalam kegiatan ini diikuti oleh kelas 3, 4, 5, dan 6 SD Negeri Benteng 01 yang berjumlah 63 Siswa.

Wati Arnarsih , S.Pd., M.Pd. selaku kepala sekolah SD Negeri Benteng 01 turut senang kepada para mahasiswa/i dari IUQI yang telah menyelenggarakan program ini.

“Program ini merupakan bentuk dedikasi tinggi dari kaka mahasiswa/i IUQI dalam melaksanakan pengabdian di sekolah SD NEGERI BENTENG 01, Yang sangat bermanfaat bagi kebersihan dan kesehatan para siswa/i di SD ini” ujar Wati Arnarsih S.Pd., M.Pd.

Tidak hanya memberikan pengetahuan, program ini juga mengajak siswa untuk langsung mempraktikkan bagaimana cara cuci tangan yang baik dan benar.

“Untuk menanamkan kebiasaan yang positif seperti menjaga kebersihan dan kesehatan, memang harus ditanamkan sejak dini. Agar menjadi kebiasaan sampai dewasa nanti” Ujar Tirta Saepul Bahri Program Studi Ekonomi Syariah, Institut Ummul Quro Al-Islami sebagai ketua kelompok 15 Desa Benteng.

Selain itu, program ini juga menyoroti pentingnya olahraga dan aktivitas fisik dalam menjaga kesehatan.

Siswa diajarkan tentang manfaat berolahraga secara teratur, seperti meningkatkan kebugaran fisik dan mental.

Dengan adanya pemahaman yang lebih baik tentang hubungan antara aktivitas fisik dan kesehatan, diharapkan siswa akan lebih termotivasi untuk berpartisipasi dalam kegiatan olahraga di sekolah dan di luar sekolah.

Dengan adanya program edukasi ini, sekolah dasar berperan penting dalam membentuk pola pikir dan perilaku positif terkait pola hidup bersih dan sehat pada generasi muda.

Diharapkan bahwa melalui pengajaran yang terintegrasi dan pendekatan yang menyenangkan, para siswa tidak hanya akan mengerti pentingnya pola hidup bersih dan sehat, tetapi juga mampu menerapkan nilai-nilai ini dalam kehidupan sehari-hari mereka secara konsisten.

Ditulis oleh: Fifih Alfi Wafiroh
Mahasiswa Institut Ummul Quro Al-Islami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here