Monday, 6 May 2024
HomeOpiniKKM Kelompok 20 IUQI Bogor Seminar Parenting di SDN 01 Sibanteng

KKM Kelompok 20 IUQI Bogor Seminar Parenting di SDN 01 Sibanteng

Bogordaily.net– Mahasiswa Kelompok 20 Institut Ummul Quro Al-Islami (IUQI) Bogor yang ditempatkan di Desa Sibanteng, Kecamatan Leuwisadeng Kabupaten Bogor menyelenggarakan seminar parenting.

Dengan tema “Pendidikan Karakter di Era Digital Masalah dan Solusinya”, seminar digelar mahasiswa Kelompok 20 pada Rabu, 23 Agustus 2023. Tepatnya di SDN 01 Sibanteng, Desa Sibanteng, Kecamatan Leuwisadeng, Kabupaten Bogor.

Kegiatan ini menjadi salah satu program kerja kelompok 20 Desa Sibanteng. Seminar bertujuan untuk meningkatkan kesadaran orang tua tentang pola asuh khususnya pada karakter anak.

Kegiatan ini dihadiri oleh wali kelas 1 SD dan diikuti oleh seluruh wali murid beserta siswa SDN 01 Sibanteng dan seluruh mahasiswa kelompok 20 IUQI.

Pemberian pengetahuan terkait menjaga dan mencintai diri sendiri itu dimulai dari peran orang tua untuk mengawasi dan membimbing anaknya.

Narasumber dalam seminar yang juga Ketua Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam Niam Rahmatullah, M.Pd. menyampaikan kegiatan seminar parenting dilakukan dengan tujuan untuk menyampaikan informasi kepada orang tua. Khususnya tentang penyelesaian masalah pengasuhan karakter anak di masa sekarang, terutama di era digital.

Manfaat yang diperoleh dari pendidikan parenting yaitu menambah wawasan dan pengetahuan orang tua dalam hal pengasuhan anak sesuai dengan usia, karakter, dan perkembangannya. Dengan tujuan mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orang tua dalam hal pengasuhan.

Prinsip utama pola asuh (parenting) yang baik adalah membesarkan dan mendidik anak dengan penuh kasih sayang. Sekaligus mendukung, membimbing, dan menjadi teman yang menyenangkan.

Pentingnya parenting education ini untuk membuat orang tua agar bisa menjadi contoh baik bagi anak-anaknya. Apalagi untuk anak usia dini yang memang memiliki kemampuan meniru yang unggul. Anak sejak kecil adalah para peniru yang unggul, ia akan meniru semua yang dia lihat dan rasakan.

Sementara itu Kepala SDN 01 Sibanteng, Sinta menyampaikan apresiasi. Ia juga mengucapkan terima kasihnya kepada mahasiswa Kelompok 20 IUQI. Karena sudah mengadakan kegiatan yang sangat bermanfaat kepada wali murid di SDN 01 Sibanteng.

Penulis: Debi Sri Rahmawati

Mahasiswa Semester 6 Bimbingan Konseling Islam

Institut Ummul Quro Al-Islami (IUQI) Bogor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here