Friday, 24 May 2024
HomeNasionalSunset di Kebun, Suarakan Konservasi Alam Lewat Pertunjukan Musik

Sunset di Kebun, Suarakan Konservasi Alam Lewat Pertunjukan Musik

Bogordaily.net sebagai salah satu program pengenalan Kebun Raya dan konservasi alam serta tumbuhan kepada anak muda khususnya Gen Z.

“Sunset di Kebun dengan konsep Intimate Music Show with Green and Conservation Movement, menyuarakan konservasi alam melalui pertunjukan musik dengan latar Kebun Raya,” kata General Manager , Galendra Jaya, Kamis 24 Agustus 2023.

Kali ini, Sunset di Kebun hadir untuk menghibur #SunsetPeople di pada tanggal 26 – 27 Agustus 2023 bersama Feby Putri, Nidji, Iksan Skuter, Coldiac, Bangkutaman, Thee Marloes.

Ada 4 musisi hasil dari program Eksplorasi Musik di antaranya Moccatune, Daisy, Danyannisa, dan Ara Fiansyah.

Selain pertunjukkan musik, program yang ada pada Sunset di Kebun berbagai macam, diantaranya ada bagi-bagi tanaman, piknik, BBQ, games, Bazaar makanan.

Tak hanya itu, ada juga komunitas tanaman yang bertujuan untuk memperkenalkan jenis tanaman Anggrek dan tanaman Karnivora yang berkolaborasi dengan Komunitas Perhimpunan Anggrek Indonesia Pasuruan & Forum Tanaman Karnivora Indonesia.

Eksplorasi Musik merupakan sebuah program dengan tagline “Ekspedisi Mencari Musisi Terbaik” yang memiliki semangat untuk mengangkat musisi untuk lebih explore minat dan bakat mereka dengan memberikan wadah untuk menyuarakan musiknya.

Hingga saat ini, terdapat 133 musisi dari berbagai genre dan nantinya sudah ada 4 musisi yang dipilih untuk tampil bersama artis lainnya di panggung Sunset di Kebun.

Program Kolaborasi

Selain Eksplorasi Musik, ada juga program Pilah Sampah. Sebuah program yang berkolaborasi dengan Buangdisini yang memiliki misi untuk merubah sampah plastik menjadi sesuatu yang bisa didaur ulang.

Baca juga : Nonton Anime Okashi na Tensei Episode 9 Subtitle Indonesia Cek di Sini

Buangdisini sudah memiliki aplikasi yang memudahkan untuk melakukan pengumpulan sampah.

Program ini dihadirkan untuk mengedukasi masyarakat untuk memilah sampah sesuai dengan bentuknya agar bisa didaur ulang dan digunakan kembali.

“Kami sebagai tuan rumah di sangat antusias dengan acara Sunset di Kebun ini yang baru diselenggarakan pertama di , kami harap dengan adanya Sunset di Kebun dapat memberikan pengalaman, pengetahuan baru dan dapat memberikan kesan yang terbaik untuk penonton Sunset di Kebun” ujar Galendra Jaya.

Berbeda dengan festival, intimate show memberikan beberapa pengalaman yang berbeda seperti penonton bisa lebih dekat dengan artis, nuansa yang lebih intim, kualitas suara lebih baik, jumlah penonton terbatas dan ramah keluarga.

“Penonton bisa mencoba pengalaman baru menonton show sambil piknik lucu, bisa melihat pemandangan indah , juga bisa menikmati udara yang segar dan sejuk, dan terakhir yaitu tentunya acara musik edukatif yang berbicara tentang konservasi,” paparnya.

Show Kedua

Pada tahun ini pihaknya berkesempatan mengadakan event Sunset di Kebun yang sudah dilaksanakan di Kebun Raya Bali pada bulan Juli lalu dan sekarang diadakan di .

Sementara Project Manager Sunset di Kebun, Rizki Ramadhan menambahkan, dalam event ini, pihaknya menggandeng beberapa komunitas dan melahirkan program-program yang berkaitan dengan konservasi alam diantaranya yaitu Eksplorasi Musik, Program Pilah Sampah, dan Komunitas Tanaman Anggrek dan Tanaman Karnivora.

“Semoga dengan adanya Sunset di Kebun Vol. 3 ini bisa menjadi hal yang baru dan pengalaman baru kepada penonton yang hadir di acara ini, dan semoga Kebun Raya dapat terus memberikan program-program yang menarik di setiap tahunnya,” ungkapnya.

Baca juga : Rizz Artinya Apa? Istilah yang Viral di Tiktok

Sebagai informasi, show ini akan dilaksanakan 2 hari pada tanggal 26 – 27 Agustus 2023 yang berlokasi di Lawn Bungur, dari pukul 13.00 – 17.30 WIB.

Diketahui, Kebun Raya merupakan pusat konservasi yang mempunyai 5 pilar di dalamnya yaitu fungsi konservasi, wisata alam, edukasi, jasa lingkungan dan penelitian.

sebagai kawasan konservasi ex-situ memiliki ribuan koleksi tumbuhan. merupakan satu dari 4 Kebun Raya yang ada di Indonesia yang dikelola oleh BRIN.

Selain fungsi konservasi, Kebun Raya juga mempunyai fungsi edukasi dan wisata alamnya.

Kebun Raya selalu berusaha memberikan berbagai program-program yang menarik.

Di antaranya adanya Kelas Edukasi yang belajar tentang dasar berkebun dengan berbagai jenis tanaman seperti Kokedama, Anggrek, hingga Araceae.

Galendra Jaya mengatakan, adanya program Virtual Tour dan Tour de Kebun untuk mendapatkan pengalaman menarik untuk mengenal tumbuhan secara lengkap dengan berkeliling Kebun Raya yang dipandu oleh Tour Guide. (Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here