Monday, 29 April 2024
HomeKota BogorMoment HUT ke-78 RI, Ahli Waris Minta TB Basuni Disematkan Pahlawan Nasional 

Moment HUT ke-78 RI, Ahli Waris Minta TB Basuni Disematkan Pahlawan Nasional 

Bogordaily.net – Pada moment hari kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia, Ahli waris pahlawan kemerdekaan TB A Basuni bersama dengan para mahasiswa, meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor mengakui dan mau mendaftarkan TB A. Basuni, menjadi dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang berasal dari .

“TB Basumi itu sudah banyak terpampang di link – link internet dan sejak tahun 2015 sudah mulai berkurang, mungkin kita sebagai ahli waris hanya bisa berharap dan meminta, semoga dengan izin Allah SWT Pemkot Bogor mau mengakui TB Basumi sebagai berasal dari hanya itu,” ungkap ahli waris TB A Basuni, Tugabus Hendra Bayu Rotta usai melakukan aksi di Plaza Balaikota Bogor, Senin 21 Agustus 2023.

Menurut Bayu, sejarah perjuangan almarhum TB A Basuni jelas sebagai pendiri Badajan Keamanan Rakyat (BKR) di Bogor, telah berjuang mengusir penjajah dari Bogor hingga Cianjur dibuktikan dengan beberapa anugerah yang diterima.   

“Almarhum TB A Basuni memang tercatat sebagai pendiri BKR di Bogor selain juga anak buahnya kiai haji sam'un beliau juga mempunyai anugerah bintang Gerilya, Bintang Maha Putra dan Bintang anugerah lainya, yang anugerah bintangnya ada tiga,” jelasnya. 

Dan terakhir tugas , menurut Bayu, itu sebagai tentara juga sebagai dalang yang ditugaskan oleh divisi  3 Siliwangi. dimana masih ramai – ramainya pemberontakan DI/TII sekaligus menjaga ring satu istana presiden.  

“Pengajuan , untuk admistratif sebenernya udah melakukan tapi disini ada jalan buntu. Namun sebagai seorang anak, saya mohon petunjuk dari pemerintah sebagai bapak saya untuk memberi petunjuk untuk mengajukannya, di internet atau link aja TB Basumi masih ada, masa di Bogor sendiri tidak di akui cuma itu saja,” tandasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here