Friday, 10 May 2024
HomeNasionalMulai Beroperasi, Ini Rute LRT Jabodetabek

Mulai Beroperasi, Ini Rute LRT Jabodetabek

Bogordaily.net–  Rute berikut bisa menjadi panduan bagi kamu yang akan menikmati moda transportasi massal tersebut.

Kereta api ringan Lintas Rel Terpadu (LRT) Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek) telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Stasiun LRT Cawang, Jakarta Senin, 28 Agustus 2023.  LRT sepanjang 41,2 kilometer dibangun dengan menghabiskan anggaran Rp32,6 triliun.

“Alhamdulillah LRT juga sudah siap dioperasikan, baik yang dari Harjamukti di Cibubur dan dari Bekasi ke Jakarta sepanjang 41,2 kilometer dan menghabiskan anggaran Rp32,6 triliun,” ujar Presiden Jokowi dilansir dari laman Setpres.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan di Stasiun LRT Cawang, Jakarta Senin, 28 Agustus 2023 (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

LRT melengkapi deretan moda transportasi massal yang dibangun oleh pemerintah di ibu kota dan sekitarnya. Sebelumnya sudah ada Moda Raya Terpadu (MRT), Kereta Rel Listrik (KRL), TransJakarta, hingga kereta bandara.

Jokowi berharap moda-moda transportasi massal tersebut, masyarakat bisa beralih dari transportasi pribadi ke transportasi massal sehingga bisa mengurangi kemacetan di ibu kota dan sekitarnya.

“Kita harapkan masyarakat berbondong-bondong beralih ke LRT, baik dari Cibubur dan sekitarnya maupun Bekasi dan sekitarnya sehingga kemacetan di jalan bisa kita hindari dan juga polusi bisa kita kurangi,” ujar Jokowi.

Rute LRT Jabodebek

LRT Jabodebek memiliki 18 stasiun dalam dua lintas pelayanan. Yakni Cibubur Line dan Bekasi Line.

Cibubur Line melayani perjalanan dari Stasiun Harjamukti di Depok menuju Stasiun Dukuh Atas di Jakarta. Lalu melintasi 12 stasiun pemberhentian dengan jarak tempuh 24,3 kilometer.

Sedangkan Bekasi Line melayani perjalanan dari Stasiun Jati Mulya di Kabupaten Bekasi menuju Stasiun Dukuh Atas dan melintasi 14 stasiun pemberhentian dengan jarak tempuh 27,3 kilometer.

Terdapat dua rute yang dilayani LRT Jabodebek ini yaitu, Stasiun Dukuh Atas Jakarta menuju di Stasiun Harjamukti Cibubur dan sebaliknya. Kemudian Stasiun Dukuh Atas Jakarta menuju Stasiun Jatimulya Bekasi dan sebaliknya. Berikut Rute LRT Jabodebek:

Rute Jakarta-Cibubur (PP):

Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Ciloko, Ciliwung, Cawang, TMII, Kampung Rambutan, Ciracas, Harjamukti.

Rute Jakarta Bekasi (PP):

Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Ciloko, Ciliwung, Cawang, Halim, Jati Bening Baru, Cikunir 1, Cikunir 2, Bekasi Barat, Jati Mulya.

Demikian rute yang sudah beroperasi sejak hari ini, Senin, 28 Agustus 2023.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here