Monday, 20 May 2024
HomeOpiniPelatihan Digital Marketing Mahasiswa KKM IUQI 03 untuk Pelaku UMKM di Desa...

Pelatihan Digital Marketing Mahasiswa KKM IUQI 03 untuk Pelaku UMKM di Desa Ciaruteun Udik

Kelompok 03 Kuliah Kerja Mahasiswa Institut Ummul Quro Al Islami (IUQI)Bogor menyelenggarakan pelatihan digital marketing dan pembuatan imamah, serta pembuatan nama usaha untuk para pelaku UMKM.

Ini merupakan bentuk pemberdayaan ekonomi bagi masyarakat yang ada di Desa Ciaruteun Udik oleh Mahasiswa

Dengan di adakannya upaya seperti ini harapannya agar masyarakat bisa lebih produktif, kreatif dan inovatif serta mampu memanfaatkan teknologi khususnya gadget untuk bisa berjualan secara online melalui aplikasi aplikasi online shop, untuk membantu perekonomian keluarga dan kesejahteraannya.

Dengan dihadiri masyarakat yang sangat banyak dan juga dihadiri oleh para pejabat pemerintah di lingkungan sekitar yaitu bapak RW beserta jajarannya.

Pak RW pun menyampaikan bahwa “Salah satu ciri kesejahteraan masyarakat dapat dilihat dari perekonomiannya,”

Ameliawati selaku moderator mengatakan bahwa seiring berkembangnya zaman perkembangan teknologi semakin canggih apapun bisa di akses dengan mudah.

“Khususnya melalui gadget dengan di dalamnya banyak berbagai aplikasi di antaranya online shop, maka dari itu kita harus bisa memanfaatkannya dengan bijak, agar kita bisa mendapatkan rupiah, tentunya dengan cara berjualan online,” ujarnya.

Abdul Basyir sebagai Mahasiswa KKM IUQI dari prodi ekonomi yang menjadi narasumber pelatihan pembuatan imamah pun menyampaikan di zaman sekarang di permudah dalam segala hal, khususnya dalam jula beli.

“Maka jangan hanya jadi pembeli untuk selamanya akan tetapi harus menjadi penjual, dengan memanfaatkan online shop ini apapun produk yang dimiliki itu bisa di jual contohnya adalah peci imamah yang kita buat pada hari ini,” ujarnya.

Selain daripada itu Mahasiswa KKM IUQI 03 pun membuat nama usaha untuk para pelaku UMKM yang sudah berjalan selain usahanya untuk mudah di kenali oleh masyarakat, juga sebagai identitas.

Nana Mardana selaku ketua kelompok dari Mahasiswa KKM IUQI 03 menambahkan, dengan adanya upaya seperti ini, mulai dari pelatihan pembuatan imamah, pelatihan digital marketing dan pembuatan .

“Masyarakat Ciaruteun Udik diharapkan lebih semangat dan giat, untuk memajukan usahanya. Dan bagi para pemula dan yang belum memiliki usaha, dengan adanya pelatihan pembuatan imamah ini agar menjadi inspirasi, motivasi untuk membuat dan memulai membuka usaha,” ujarnya.***

Ditulis oleh: Nana Mardiana, Prodi Ekonomi Syariah ( ESY) Semester 6

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here