Saturday, 4 May 2024
HomeKota BogorPembangunan Pasar Jambu Dua: Sudah 17 Persen, Diprediksi Selesai Sesuai Target

Pembangunan Pasar Jambu Dua: Sudah 17 Persen, Diprediksi Selesai Sesuai Target

Bogordaily.net–  Pembangunan revitalisasi Pasar Induk Jambu Dua hingga kini terus digeber. Pihak PT Bogor Artha Makmur (BAM) selaku investor berkerjasama dengan Perusahaan Daerah (Perumda) Pasar Pakuan Jaya (PPJ) Kota Bogor terus berupaya menyelesaikannya.

Ditargetkan pembangunan selesai akhir tahun tepatnya awal Desember 2023, progres pembangunan sejak peletakan batu pertama pada Juni 2023. Sampai sekarang pembangunan sudah mencapai 17 persen. Atau lebih 7 persen dari target yang seharusnya sudah mencapai 10 persen.

Pembangunan Pasar Jambu Dua

“Karena target kita Desember nanti, makanya pembangunan dipercepat. Namun tetap sesuai konsep dan perencanaan. Insya Allah, pembangunan selesai sesuai target,” tegas Direktur PT Bogor Artha Makmur, MH Ages, Kamis, 10 Agustus 2023.

Menurut Ages, progres pekerjaan capai 17 persen meliputi pembangunan lantai dasar sudah dicor, pemasangan tiang pancang dan sebagainya.  Saat ini, lanjut Ages, sudah tahap pembangunan lantai dua.

“Lantai 2 sudah mau masuk proses pengecoran. Sabtu besok diperkirakan selesai sehingga progresnya bisa sampai 20 persen. Tentunya karena ini pilot project, pembangunan akan dimaksimalkan dan selesai tepat waktu,” jelasnya.

Pembangunan Sesuai Rencana

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) Perumda PPJ Kota Bogor, Muzakkir didampingi Direktur Umum (Dirum), Jenal Abidin dan Direktur Operasional (Dirops), Denny A. Wibowo mengatakan, progres pembangunan revitalisasi Pasar Induk Jambu Dua masih berjalan sesuai rencana.

“Kami berharap pembangunan Pasar Induk Jambu Dua ini dapat selesai di awal Desember 2023, lebih cepat meskipun dalam Perjanjian Kerjasama (PKS) itu kita di 2024, sebab Pasar Induk Jambu Dua berhubungan dengan pasar lain ditambah akan ada relokasi pedagang dari Pasar Bogor,” ungkapnya.

Pembangunan Pasar Jambu Dua

Di sisi lain, pasar trandisional berkonsep modern seluas 1,3 hektar itu dapat menampung 1.141 pedagang mulai dari pedagang eksisting sebanyak 300an pedagang.

Kemudian pedagang relokasi dari Pasar Bogor sekitar 800an dan pedagang dari pasar lainnya.

“Pasar Induk Jambu Dua ini diproyeksikan menjadi pasar basah terbesar di  Kota Bogor, nah konsepnya nanti akan ada zoning pedagang di setiap lantai. Jadi masyarakat yang mencari kebutuhan pangan itu ada di lantai 1 maupun lantai 2,” tandasnya.

Terkait dengan lahan parkir, Muzakkir menegaskan sudah disiapkan di lantai dasar dan lantai 2, termasuk lahan untuk pengolahan sampah.

“Lahan pengolahan sampah sudah kita sediakan seluas 300 meter, nanti bekerjasama dengan World Wide od Nature (WWF) Indonesia,” katanya.(Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here