Sunday, 19 May 2024
HomeKota BogorPembangunan Pasar Sukasari Segera Dimulai, Kembalikan Kejayaan Pasar Gembrong

Pembangunan Pasar Sukasari Segera Dimulai, Kembalikan Kejayaan Pasar Gembrong

Bogordaily.net–  Pembangunan akan segera dimulai dalam waktu dekat ini. Pihak Perumda Pasar Pakuan Jaya bersama CV Purnabri melakukan sosialisasi ekspos gedung baru dan pemasaran pasar Gembrong Sukasari.

Hal tersebut dilakukan kepada seluruh pedagang kios maupun los yang dilaksanakan di Tan Ek Tjoan, Sukasari, pada Selasa 1 Agustus 2023.

Ratusan pedagang mengikuti penyampaian terkait rencana pembangunan yang akan dibangun oleh CV Purnabri.

Hadir dalam acara itu, Dirum Perumda Pasar Pakuan Jaya Jenal Abidin, Dirops Deni Ari Wibowo, Manajer proyek CV Purnabri Yayat Sudrajat, Kepala unit Haiqal Mahri dan jajarannya.

Direktur Umum Perumda Pasar Pakuan Jaya, Jenal Abidin mengatakan, pertemuan dengan para pedagang baik kios dan los ini sebenarnya kelanjutan dari program revitalisasi.

Pertama pihaknya sudah sosialisasi, kemudian penempatan pedagang seluruh pedagang eksisting ke TPS, termasuk pedagang auning.

“Nah sekarang adalah saatnya kita lakukan ekspose dari CV Punabri untuk menjelaskan kepada pedagang tentang rencana revitalisasi pasar gembrong sukasari,” ujar Jenal.

Pada pembangunan , kata Jenal akan ada 540 Kios dan Los, mulai ukuran 2 x 3, ada juga 2 x 4 dan 3 x 3.

“Ini adalah upaya kita untuk memberikan penjelasan seutuh-utuhnya, secara transparansi kepada para pedagang pasar gembrong, agar semuanya memahami, ketika nanti akan membeli kios dan los,” jelasnya.

Target Pembangunan

Selain itu, tambah Jenal, nanti akan ada done paymen atau DP yang dari CV Punabri ditentukan sebesar Rp1,5 juta untuk para pedagang eksisting los dan Rp2,5 juta untuk pedagang eksisting kios.

“Kemudian lamanya waktu DP diberikan kurang lebih 3 bulan untuk pelunasan DP nya. DP kurang lebih diangka 25 persen, itu sudah ditetapkan oleh CV Punabri untuk para pedagang. Setelah ini mereka pasti datang ke kantor pemasaran dan kemudian setelah itu nanti kita kumpulkan kembali seluruh pedagang untuk melakukan pengundian penomoran kios atau los yang mereka dapatkan nanti,” bebernya.

Desain . (Foto: Istimewa)

Di tempat yang sama, Manajer proyek CV Purnabri Yayat Sudrajat mengatakan, selaku CV Purnabri yang akan membangun . Pembangunan akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Targetnya sekitar 10 Agustus mendatang dimulai groundbreaking. Untuk itu, hari ini diberikan secara menyeluruh penjelasan kepada para pedagang kaitan rencana pembangunan nanti.

“Ini kami selaku dari CV Punabri akan merevitalisasi yang mana setelah kita lakukan pembongkaran, kita akan segera ground breaking.  Kami menyiapkan kios di semi basemen, lantai dasar, dan lantai satu,” jelasnya.

Untuk basemen kata Yayat untuk pedagang basah seperti sayur-sayuran dan buah-buahan, daging dan lain lain. Lalu lantai dasarnya adalah pedagang eksisting yang mana ada tukang jahit, salon atau lebih ke fashion atau tekstil.

Desain . (Foto: Istimewa)

Untuk selanjutnya, terang Yayat, lantai satu diperuntukkan untuk kantor unit, kantor pemasaran, food court dan juga nanti ada arena bermain anak.

Usung Konsep Green Building

“Insyaallah pembangunan ini kita mengusung konsep green building, yang mana penghijauannya akan kita utamakan dan mengembalikan kejayaan pasar gembrong yang lama,” imbuhnya.

Yayat mengungkapkan, pembangunan ditargetkan selesai selama 8 bulan.  Total kios dan los sebanyak 540 dengan hak kepemilikan berdasarkan informasi dari Perumda PPJ selama 25 tahun.

Dengan harga eksisting untuk Los Rp32 juta permeter sebelum PPN, dan harga untuk kios Rp37 juta sebelum PPN.

“Kami menunggu para pedagang untuk melakukan booking fee kepada pihak pengembang dan selanjutnya di minggu depan akan diadakan pengundian kios. Semoga semuanya berjalan lancar, pedagang eksisting terakomodir da kami pun menerima para pedagang baru,” tandasnya.

Kepala unit Pasar Sukasari Haiqal Mahri menambahkan, saat ini para pedagang semuanya sudah menempati TPS, tinggal mereka memesan untuk pembelian kios dan los.

“Kami imbau kepada para pedagang untuk segera membooking pembelian kios maupun los, agar bisa segera terdata. Nanti disana ada kantor pemasaran, pedagang tinggal datang kesana,” tutupnya.(Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here