Monday, 20 May 2024
HomeKabupaten BogorSBI Pabrik Narogong Beri Pelatihan Desa Tangguh Bencana

SBI Pabrik Narogong Beri Pelatihan Desa Tangguh Bencana

Bogordaily.net–  PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) Pabrik Narogong memberi pelatihan Desa Tangguh Bencana (DESTANA) di Desa Klapanunggal, Cileungsi, Kabupaten Bogor.

Dalam pelatiahan tersebut yang merupakan anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau SIG bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor.

Kegiatan dilakukan untuk mengurangi risiko dan memastikan kelangsungan komunitas serta melindungi masyarakat dan lingkungan mulai 22-24 Agustus 2023. Dengan melibatkan peran serta warga sekitar, tokoh masyarakat serta kepala desa setempat.

Sebelumnya SBI juga menginisiasi Destana di 2 desa lainnya yaitu Lulut dan Kembang Kuning.

Perwakilan SBI, BPBD Kabupaten Bogor, pemerintah desa dan para peserta DESTANA berfoto bersama setelah dilakukan kegiatan pelatihan.(Istimewa/Bogordaily.net)

Membangun desa yang tangguh terhadap bencana memiliki manfaat yang signifikan dalam menciptakan komunitas yang lebih aman dan berkelanjutan.

Dengan meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan dalam mengambil tindakan pencegahan yang cepat, maka dapat membantu masyarakat lebih siap menghadapi ancaman bencana.

General Affairs & Community Relations Manager , Nur Lailiyah, mengatakan membangun desa tangguh bencana sangat mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan perusahaan. Terutama yang berkaitan dengan pengurangan risiko bencana dan ketahanan masyarakat.

Melalui pelatihan dan dukungan, Nur Lailiyah menyebut ingin membantu masyarakat lokal dalam mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk merespons dan pulih dari bencana serta membantu mengurangi dampak ekonomi yang diakibatkan.

Pihak memberikan pengarahan kepada para peserta cara memadamkan api. (Istimewa/Bogordaily.net)

“Selain itu kami juga ingin terus memberikan berkontribusi dalam elemen pentahelix program kebencanaan dan inisiasi DESTANA yang melibatkan kolaborasi bersama pemerintah, masyarakat, dunia usaha, akademisi dan media,” ujar Nur Lailiyah.

Pada kesempatan yang sama Kepala Desa Klapanunggal, Ade Endang Kosasih, sangat mengapresiasi kegiatan yang berlangsung selama tiga hari tersebut.

“Ini merupakan bentuk sinergi yang sangat baik untuk menciptakan hubungan yang lebih kuat antara perusahaan, mitra, dan pemangku kepentingan lainnya. Semoga kolaborasi ini dapat terus terjaga demi kebaikan bersama,” ujar Ade.

Sigap Bencana

Sementara itu sesi pelatihan kali ini, masyarakat dibekali dengan berbagai pengetahuan umum sigap bencana. Seperti pertolongan dasar P3K, penanganan luka bakar, pemadaman api dengan APAR, pelatihan penanganan bencana gempa serta prosedur pelaporan jika terjadi bencana.

“Kami tidak berharap akan terjadi bencana di mana pun. Namun apabila terjadi (bencana), masyarakat sudah lebih mandiri dan siap secara aktif berpartisipasi serta adaptif terhadap perubahan alam,” ujar Laily.

Berkat komitmen, konsistensi serta peran aktif dalam terbentuknya Desa Tangguh Bencana (DESTANA) di Kabupaten Bogor, BPBD Kabupaten Bogor memberikan penghargaan Perusahaan Terbaik kepada .

Tentang PT Solusi Bangun Indonesia Tbk

PT Solusi Bangun Indonesia Tbk adalah sebuah perseroan terbuka yang mayoritas sahamnya (83,52%) dimiliki dan dikelola oleh PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau SIG.

Perseroan menjalankan usaha yang terintegrasi dari semen, beton siap pakai, agregat dan layanan pengelolaan limbah yang mengoperasikan empat pabrik semen di Narogong (Jawa Barat), Cilacap (Jawa Tengah), Tuban (Jawa Timur), dan Lhoknga (Aceh), dengan total kapasitas 14,8 juta ton semen per tahun, dan mempekerjakan lebih dari 2.000 orang.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here