Monday, 29 April 2024
HomeKota BogorSinema Kuriling, Bima Arya Harap Kota Bogor Jadi Lokasi Favorit Syuting

Sinema Kuriling, Bima Arya Harap Kota Bogor Jadi Lokasi Favorit Syuting

Bogordaily.net – Sebanyak tujuh film pendek karya anak-anak muda Kota Bogor ditayangkan dalam acara (Simkuring) yang merupakan program Bandung Film Commision (BFC) berkolaborasi dengan Festival Film Bogor, Sabtu 20 Agustus 2023.

Pemutaran tujuh film pendek di Alun-alun Kota Bogor disaksikan langsung Wali Kota Bogor, Bima Arya bersama warga.

Usai menyaksikan 7 film pendek yang ditayangkan, Bima Arya mengungkapkan rasa bahagia dan menilai semua film pendek yang ditayangkan keren-keren.

Baca juga : Nonton Anime Okashi na Tensei Episode 9 Subtitle Indonesia Cek di Sini

Walaupun dalam pembuatannya menggunakan smartphone. Dirinya berharap kegiatan Simkuring lebih sering dilaksanakan di Kota Bogor sehingga mampu menghibur warga.

“Yang membuat saya bahagia adalah karena semua film lokasi syutingnya berlatar di tempat-tempat yang dibangun Pemkot Bogor selama 10 tahun terakhir. Taman Kencana, Jalur SSA, Lawang Salapan, Lawang Surken, Alun-alun Kota Bogor dan yang paling saya senang adalah adegan di Gang Jalan Surken dengan background tulisan perbedaan adalah keniscayaan tapi kebersamaan harus terus diperjuangkan,” ungkap Bima Arya

Bima Arya menekankan, dalam pembuatan film tidak melulu harus ‘diberatkan' dan terinspirasi dengan tema-tema, namun kondisi atau kejadian pada keseharian yang ada tidak kalah keren untuk dijadikan tema dalam pembuatan film.

Ia berharap Kota Bogor mampu menginspirasi banyak hal, termasuk menjadi tempat favorit untuk syuting film dengan adanya Alun-alun, Taman Kencana hingga jalur SSA maupun titik atau ikon-ikon di Kota Bogor.

Pada umumnya orang Bogor ungkap Bima Arya, banyak yang kreatif dan berbakat tetapi ada dua masalah yang dihadapi, yaitu terlalu dekat dengan Jakarta dan masih kurangnya fasilitas.

“Jadi yang saya mimpikan adalah Kota Bogor bisa membangun infrastruktur dan kultur anak mudanya, sehingga tidak perlu lagi eksis di daerah atau kota lain, tapi ditampung di Kota Bogor,” harap Bima Arya.

Dari tujuh film pendek, diantaranya berjudul Mau Jeruk, Problem, Sial, Inner Talk, Cinta Tapi Beda serta Sepatu Kelana.

Awal Mula

Sebelum pemutaran film, Program Director BFC, Deden M. Syahid menerangkan, program Simkuring sudah berjalan cukup lama yang awalnya hanya di beberapa daerah atau kelurahan di Kota Bandung.

Seiringnya waktu, pasca pandemi BFC melaksanakan roadshow ke daerah-daerah lain di Jawa Barat yang akhirnya adalah road to Bandung Independent Film Festival ke-5.

“Terima kasih untuk Pemkot Bogor dan semua pihak yang mendukung serta para peserta yang telah ikut serta meramaikan program Simkuring,” kata Deden.

Baca juga : Rizz Artinya Apa? Istilah yang Viral di Tiktok

Sehari sebelumnya pada 19 Agustus, para peserta mengikuti workshop smartphone cinema di Bogor Creative Center dan Auditorium Perpustakaan kota Bogor.

Selain 7 film pendek karya anak muda Kota Bogor, turut ditayangkan 3 film dari BFC masing-masing berjudul Kidung, Nalika Maranehna Ngomongkeun Bobogohan Urang dan Mari. (Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here