Thursday, 28 September 2023
HomeKota BogorAlmisbat Gunakan Komik untuk Sosialisasi Pencegahan Stunting di Posyandu

Almisbat Gunakan Komik untuk Sosialisasi Pencegahan Stunting di Posyandu

Bogordaily.net Almisbat (Aliansi Masyarakat Sipil untuk Indonesia Hebat) Organisasi Relawan Jokowi Pendukung Ganjar, konsisten untuk terus membantu upaya pemerintah menekan stunting melalui kegiatan Posyandu.

Kegiatan itu berupa menambah PMT bagi anak-anak batita, dan penyuluhan gizi sehat bagi ibu-ibu dan bumil. sudah turun ke 8 Posyandu di daerah Jakarta Timur, Bogor dan Tangerang.

“Termasuk hari ini Jumat (16/9), turun di 2 tempat, yaitu di Posyandu Selapajang Jaya Kota Tangerang dan Pos Yandu Tulip di Kelurahan Rangga Mekar Bogor,” ujar Syaiful Afriadi Ketua Kota Bogor melalui pesan tertulisnya.

Syaiful menjelaskan, untuk kegiatan di Rangga Mekar Bogor, kegiatan diikuti oleh 90 orang ibu dan balitanya, bumil, dan 5 orang kader. “Dalam kegiatan ini kami juga didampingi oleh Bung Teddy dari DPN pusat,” ujar Syaiful.

Sementara, Teddy Wibisana yang biasa dipanggil Bung Teddy menjelaskan, selain membagikan tambahan PMT juga memberikan sosialisasi soal stunting karena stunting bukan hanya disebabkan oleh faktor ekonomi, juga oleh minimnya kesadaran tentang nutrisi yang sehat.

“Kalau penyebabnya hanya ekonomi, Jakarta dengan APBD sebesar Rp 64, 3 triliun kok masih ada 15.8% batita yang stunting? Jadi bukan semata soal ekonomi, juga soal pola hidup,” ujar Teddy.

Teddy kemudian menjelaskan, dalam sosialisasi tersebut, menggunakan alat bantu komik, yang isinya menuturkan pentingnya pola makan, air bersih, dan sumber protein apa saja yang murah, untuk menekan stunting. “Kalau menggunakan brosur, nanti dibuang. Dengan bentuk komik akan disimpan, bahkan karena bagian dalamnya hitam putih, akan bisa juga digunakan untuk latihan mewarnai gambar”, ujar Teddy. (Gibran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here