Thursday, 16 May 2024
HomeEkonomiBSI Maslahat Resmikan Program Pesantren Sehat di Bogor

BSI Maslahat Resmikan Program Pesantren Sehat di Bogor

Bogordaily.net– Maslahat meresmikan program Pesantren Sehat 2023 di Masjid Al – Muhajirin. Lokasinya di Blok F Komplek Inkopad Pesantren Islam Adshabul Kahfi Madani Bogor, Minggu, 17 September 2023.

Kegiatan program Pesantren Sehat dilakukan pemberian makan sehat dan bergizi, layanan kesehatan umum dan gigi, edukasi kesehatan reproduksi, edukasi bahaya narkoba dan edukasi gizi.

Kegiatan ini diformulasikan secara lengkap untuk santri-santri pondok pesantren kategori duafa.

Selain itu, dan Maslahat juga memberikan souvenir berjumlah 100 paket serta sanitary kit dan alat kebersihan lainnya.

BSI Maslahat

Dalam program ini para santri diberikan makanan sehat selama dua pekan dengan menu sehat yang dirancang sesuai Angka Kecukupan Gizi oleh tim kesehatan Maslahat.

Aktivitas lain dalam program ini adalah pemberian suplemen zat besi (Fe) bagi santri usia remaja, mengacu pada program nasional yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan.

Dukung Program Pemerintah

Maslahat melalui tim kesehatannya berkomitmen mendukung program pemerintah tersebut dengan memberikan suplemen Fe bagi remaja di sekolah dan pondok pesantren.

Pada tahun 2023 ini target yang disasar adalah 700 orang santri di pondok pesantren yang tersebar di beberapa titik di wilayah Jawa Barat.

Direktur Care Program Maslahat, Ilham Syahputra berharap para santri tidak patah semangat dan terus meningkatkan belajar.

BSI Maslahat

“Terima kasih kepada para santri dan pengurus Yayasan sudah hadir semoga acara ini bisa memberikan manfaat,” kata Ilham.

Saat ini santri di Pesantren Pesantren Islam Adshabul Kahfi ada kurang lebih sekitar seratus santri.

Penerima manfaat dari Program Pesantren Sehat adalah para santri yang masuk dalam kategori duafa.

Hadir dalam acara ini Tim Maslahat, pengurus pesantren, tokoh masyarakat, konselor kesehatan reproduksi, konselor gizi, perwakilan konselor dari BNN, dan tim kesehatan dokter umum dari tim Masalahat.

Sasar Pondok Pesantren

Pada tahun 2023 Program Pesantren Sehat akan digelar di tujuh pesantren seluruh Indonesia.

Dari target 7 pesantren, program Pesantren Sehat sudah terlaksana di 4 lokasi dan menyasar 400 penerima manfaat santri.

Sementara Ketua Yayasan Islam Ashabul Kahfi, Imron Rosyadi menyampaikan selain menghafal Al Qur'an di Pondok Pesantren juga bertujuan untuk mencetak entrepreneur muslim yang tangguh.

“Dalam kesehariannya pondok pesantren menekankan nilai akhlak agar santri dapat diterima dikalangan masyarakat,” kata Imron.

Maslahat merupakan mitra strategis dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk () dalam melakukan penghimpunan dan penyaluran dana ZISWAF, CSR dan Dana Sosial yang berpacu pada indikator sustainability. Sehingga pemanfaatan programnya dapat berdampak luas.

Pada tahun ini, BSI Maslahat mempunyai campaign dan produk baru diantaranya Give 20k dan goamal.org. Untuk program campaign Give 20k meliputi, ekonomi, pendidikan, kemanusiaan, masjid dan lain sebagainya.

Sedangkan goamal.org adalah platform sedekah online penghimpun dana zakat, infak, dan wakaf yang dikelola oleh BSI Maslahat. dengan goamal.org, sahabat bisa berdonasi semudah scan Qris.

Selain itu, pembayaran donasi sahabat bisa berapa saja, dimana saja, dan kapan saja. (Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here