Tuesday, 7 May 2024
HomeKabupaten BogorDampingi Kunjungan Presiden RI, Bupati Bogor Sebut Cadangan Beras di Kabupaten Bogor...

Dampingi Kunjungan Presiden RI, Bupati Bogor Sebut Cadangan Beras di Kabupaten Bogor Aman

Bogordaily.net Iwan Setiawan mendampingi Joko Widodo saat mengunjungi Gudang beras Bulog di Kecamatan Dramaga, pada Senin, 11 September 2023.

Dalam kunjungan tersebut, untuk memastikan ketersediaan bahan pangan beras dalam menghadapi situasi el Nino.

Iwan Setiawan mengatakan, untuk cadangan dari 1,2 ke 2 jt lebih dan tentunya juga punya.

Baca juga : Jadwal Pekan ke-1 Liga 2 Hari Ini Senin, 11 September 2023

Pemerintah kata Iwan, telah mempersiapkan awal tahun sebesar 400rb ton diperuntukan untuk bencana, seperti terjadi kemarau.

“Mungkin kalo melihat sekarang ini bisa juga menambah di Belanja Tak Terduga (BTT). Cadangan sekarang ada 400rb ton berikut yang tidak terpakai kurang lebih sekarang ada 300rb ton untuk jaga-jaga jika nanti jika berhadapan dengan situasi yang paceklik ini, kita akan bergabung dengan pusat,” kata Iwan Setiawan saat ditemui wartawan, Senin, 11 September 2023.

Iwan mengatakan, soal ketersediaan sebesar 400rb ton tersebut diluar dari pusat. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor kata iwan telah bekerjasama dengan Bulog, dan hingga hari ini beras masih ada di Bulog.

“Sewaktu-waktu kalo memang membutuhkan tinggal pake surat dari dinas ketahanan pangan bisa dikeluarkan untuk bencana dan orang-orang yang tidak mampu sesuai dengan data dtks,” jelasnya.

Baca juga : Nonton Film Jawan, Cek di Sini!

Ia menambahkan, terkait kenaikan harga beras tersebut belum menemui solusi, tetapi pihaknya akan mengikuti sesuai ketentuan dari pusat soal ketahanan pangan yang terjadi.

“Kalo operasi pasar belum melakukan, kami konsentrasinya tadi kata Pak Jokowi, situasi naik secara global kita juga ikut naik, kalo kami juga untuk menurunkan harga pasar dengan operasi pasar tidak kuat juga lah, mungkin menyesuaikan saja, kalo memang sudah tinggi mungkin bisa kalo memang ada pengepul,” ungkapnya kepada Wartawan.(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here